Peringati Hari Pahlawan, PT KAI Daop 3 Resmikan Lokomotif Livery Vintage ke-4

Peringati Hari Pahlawan, PT KAI Daop 3 Resmikan Lokomotif Livery Vintage ke-4

Vice President KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana bersama Ketua Umum IRPS Ricki Dwi Agusti menyiram air bunga ke lokomotif diesel CC 200, Jumat (10/11/2023).-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November, PT KAI Daop 3 Cirebon bersama Indonesian Railway Preservation Society (IRPS) mengadakan peresmian dan tasyakuran lokomotif livery vintage keempat. 

Kegiatan tersebut berlangsung di Depo KAI Daop III Cirebon, Jumat 10 November 2023. 

Hadir dalam kegiatan tersebut Vice President KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana dan Ketua Umum IRPS Ricki Dwi Agusti.

Hadirnya lokomotif livery vintage di Cirebon ini adalah sebagai bukti dedikasi pada sejarah, karya, juga sumbangsih bagi masyarakat luas baik bagi KAI maupun IRPS. 

BACA JUGA:Tahan Imbang Ekuador, Timnas Indonesia U-17 Raih Poin Perdana di Piala Dunia

PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 3 Cirebon kini memiliki 1 livery lokomotif tahun 1953 - 1991 pada 1 unit lokomotif CC 201 77 17 milik Depo Induk Cirebon. 

Perubahan lokomotif CC 201 dengan livery vintage ini dilakukan di Balai Yasa Yogyakarta.

Vice President KAI Daop 3 Cirebon, Dicky Eka Priandana kepada radarcirebon.com mengatakan, lokomotif dengan livery vintage ini merupakan bentuk adaptasi dan apresiasi KAI.

Agar semakin dekat dengan masyarakat sekaligus wujud edukasi kepada masyarakat mengenai sejarah, dan identifikasi awal perkembangan tekonologi kereta api di Indonesia.

BACA JUGA:Hari Pahlawan, Bupati Imron: Mari Bangun Usaha dan Ekonomi Kerakyatan Demi Kemajuan Indonesia

"Melalui livery vintage ini, PT KAI berharap bahwa masyarakat akan semakin mengenal perjalanan panjang perkeretaapian di Indonesia serta menumbuhkan rasa bangga terhadap transportasi andalan masyarakat Indonesia ini," katanya.

 

Dijelaskan Dicky, livery vintage ini dahulu digunakan KAI selama 38 tahun dari 1953 - 1991 dan pertama kali digunakan pada lokomotif diesel pertama di Indonesia yaitu CC 200. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase