Jangan Abaikan Kesehatan Smartphone Anda, 7 Tips Ini Dapat Membuat Smartphone Anda Lebih Awet!

Jangan Abaikan Kesehatan Smartphone Anda, 7 Tips Ini Dapat Membuat Smartphone Anda Lebih Awet!

Tips agar smartphone lebih awet.-Istimewa-radarcirebon.com

Karena smartphone sudah menjadi bagian dari kehidupan banyak orang dalam setiap aktivitas kesehariannya, sudah pasti sering digunakan. Maka dari itu ada kemungkinan debu menempel pada smartphone Anda. Walaupun Anda sudah menggunakan casing, tidak menutup kemungkinan debu untuk dapat masuk melalui berbagai titik sehingga menempel pada badan smartphone.

Pentingnya membersihkan debu secara rutin juga Anda dapat mencegah munculnya jamur pada badan smartphone. Dalam beberapa smartphone, Anda diperbolehkan untuk mengusap badan smartphone Anda menggunakan tisu basah untuk membersihkan bagian yang menempel.

BACA JUGA:Fatwa MUI: Haram Gunakan Produk yang Mendukung Agresi Militer Israel ke Gaza

Gunakan Charger Original

Salah satu efek samping dari penggunaan charger yang tidak original adalah membuat smartphone Anda menjadi lebih cepat panas, bahkan ketika sedang dicas dan tidak digunakan.

Charger yang tidak original tentunya dianggap tidak kompatibel oleh smartphone Anda, sehingga menimbulkan banyak efek samping. Terlebih jika Anda sering menggunakan charger yang tidak original, maka smartphone Anda bisa mengalami kebocoran daya baterai dan menjadi lebih cepat boros.

Diamkan Smartphone Ketika Mengisi Daya

Hal yang paling sering diabaikan oleh banyak orang adalah tetap menggunakan atau bahkan memainkan smartphone ketika keadaan sedang mengisi daya. Banyak orang beranggapan bahwa smartphone keluaran terbaru telah didesain untuk dapat digunakan dalam segala kondisi walaupun sedang mengisi daya.

Efek dari hal ini adalah kinerja smartphone menjadi tidak optimal dan biasanya baterai juga akan menanggung beban daya yang lebih besar dari biasanya. Kemudian daya baterai juga akan berkurang dan smartphone Anda juga menjadi cepat panas.

BACA JUGA:Manfaatkan Nuklir untuk Optimalisasi Pelayanan Kesehatan, Pemprov Jabar dan BAPETEN Kolaborasi

Perhatikan Manajemen Setiap Aplikasi

Di dalam smartphone Anda saat ini pasti ada banyak aplikasi yang terpasang dan tidak jarang juga hanya sedikit yang digunakan. Pentingnya manajemen aplikasi adalah untuk membuat smartphone Anda memiliki memori yang lebih ringan. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak digunakan serta dengan membersihkan cache yang muncul dari data online yang tersimpan di smartphone Anda.

Restart Smartphone Sesekali

Selanjutnya yang juga tidak boleh terlupakan adalah penting untuk Anda me-restart smartphone Anda sesekali. Baik sekali dalam seminggu ataupun lebih tidak masalah. Bahkan jika Anda dapat mematikannya dalam kurun waktu tertentu dapat dianggap lebih baik.

Walaupun smartphone merupakan bagian dari kecanggihan teknologi, sebagaimana umunya elektronik juga membutuhkan istirahat dari aktivitasnya yang melelahkan karena telah Anda gunakan berhari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: