Harus Ingat! Jangan Pernah Bagikan Kode Booking Tiket KA Kepada Siapapun, Ini Bahayanya..

Harus Ingat! Jangan Pernah Bagikan Kode Booking Tiket KA Kepada Siapapun, Ini Bahayanya..

Naik kereta api.-Ist-PT KAI

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Apapun alasannya membagikan kode booking tiket kereta api di media sosial (medsos) adalah hal yang salah.

Bahkan, PT Persero Kereta Api Indonesia (KAI) mengingatkan penumpang agar tidak melakukan hal tersebut.

"Kode booking tiket kereta api yang didapat setelah proses pembayaran agar tidak dibagikan kepada orang lain secara sembarangan.

"Sebab kode booking merupakan suatu privasi yang vital untuk digunakan saat proses boarding apabila akan melakukan pembatalan ataupun perubahan jadwal," kata Vice President Public Relations KAI Joni Martinus melalui keterangannya di Jakarta, Selasa 14 November 2023.

BACA JUGA:Nomor Urut 1, Anies Baswedan: Kami Akan Langsung Bekerja

Hal ini sebagai respon atas viralnya di medsos tentang seseorang yang diceritakan membatalkan tiket orang lain tanpa sepengetahuan pemilik tiket tersebut, melalui loket box di Stasiun Cimahi pada Senin 13 November 2023 kemarin.

Berdasarkan beberapa informasi yang didapat, disinyalir pemilik tiket tersebut telah membagikan kode booking-nya di salah satu grup percakapan.

Sehingga, diduga disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Joni menjelaskan bahwa tiket tersebut bukan dibatalkan tetapi di-reschedule (diubah jadwal perjalanannya). 

BACA JUGA:Dapat Nomor Urut 3, Inilah Target dan Program Pasangan Ganjar-Mahfud MD

Tiket tersebut awalnya, tercatat KA Harina relasi Bandung-Semarang Tawang Bank Jateng dengan keberangkatan pada Senin 13 November 2023.

Kemudian, diubah jadwal perjalanannya oleh orang yang tidak bertanggung jawab menjadi KA Ciremai relasi Cimahi-Semarang Tawang Bank Jateng dengan keberangkatan pada Selasa 14 November 2023 sehingga pemilik tiket tersebut ditolak di-gate boarding karena tanggal dan KA pada tiketnya tidak sesuai.

Lebih lanjut, Joni menjelaskan jika kode booking tersebut diketahui oleh orang lain maka dapat berpotensi disalahgunakan seperti pada unggahan yang viral di media sosial tersebut.

KAI pun menyayangkan atas tindakan tersebut sehingga merugikan pemilik kode booking yang seharusnya berangkat menggunakan KA Harina dari Bandung menuju Semarang Tawang Bank Jateng.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase