Stefano Beltrame Mendarat di Persib, Pemain Italia Keempat di Liga Indonesia

Stefano Beltrame Mendarat di Persib, Pemain Italia Keempat di Liga Indonesia

Stefano Beltrame didatangkan Persib Bandung untuk paruh musim Liga 1 2023/2024. Merupakan pemain Italia keempat di Liga Indonesia.-Persib-

RADARCIREBON.COM - Persib mendatangkan Stefano Beltrame dengan durasi kontrak hanya 6 bulan. Eks Juventus tersebut menjadi pemain Italia keempat yang pernah berkiprah di Liga Indonesia.

Pemain Italia sebelumnya ada nama Giuseppe Accardi, Raffaele Simone Quintieri, dan Marco Motta.

Ketiga nama tersebut merupakan pemain asli dari Negara Spaghetti yang mencicipi Liga Indonesia.

Bahkan Raffaele Simone Quintieri datang ketika liga di Indonesia sedang terjadi dualisme. Dia bergabung bersama Semarang United di Liga Prima Indonesia atau LPI.

BACA JUGA:Pembangunan Stadion Watubelah Dilanjutkan, Rumput Sintetis Diganti Alami, Teknik Penanaman Sama dengan GBK

Terbaru ada nama Stefano Beltrame, gelandang yang dikontrak Maung Bandung untuk memperkuat Persib di sisa putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Berikut ini, nama-nama pemain asli Itali yang berlaga di Liga Indonesia.



Giuseppe Accardi

Pemain asal Italia ini gabung Pelita Jaya pada putaran kedua Liga Indonesia musim 1996/1995.

Berposisi sebagai gelandang bertahan, Giuseppe Accardi bisa dimainkan sebagai pemain bertahan.

Sayang, pemain yang pernam membala Inter Milan musim 1986 ini, gagal tampil maksimal.

Bergabung dengan Pelita Jaya tidak bisa memberi dampak positif, dirinya memulai karir di Indonesia ketika berusia 31 tahun.

Pesepak bola yang lahir 7 Maret 1964 itupun hanya semusim membela Pelita Jaya, klub yang menjadi cikal bakal Madura United ini.





Raffaele Simone Quintieri adalah sosok striker Italia yang memulai petualangan di Asia khususnya Asia Tenggara sejak tahun 2011.

Raffaele Simone Quintieri masuk Asia Tenggara, tepatnya Indonesia dengan karier di breakaway league bernama Liga Prima Indonesia atau LPI.

Semarang United adalah klub Indonesia pertama yang merekrut pemain depan kelahiran 16 Maret 1982 itu.

Saat LPI bubar, Simone Quintieri bertahan di Indonesia dan ikut kompetisi resmi bersama PSIS Semarang musim 2011-2012.

BACA JUGA:Tidak Mau Andalkan Pemerintah, Kampung di Cirebon Perbaiki Sendiri Jalan Desa

Kala itu, PSIS Semarang berkompetisi di Divisi Utama atau Liga 2, kasta kedua Liga Indonesia.

Selepas membela PSIS, Simone Quintieri melalangbuana ke luar Indonesia dengan berkarier di Amerika Serikat, Malta, serta Malaysia.

Musim 2015, Simone Quintieri kembali ke Indonesia dan membela Sriwijaya FC. Meski saat dia datang, Indonesia Super League (kini Liga 1) tidak bergulir.

Indonesia terkena hukuman FIFA. Simone Quintieri membela Sriwijaya FC di turnamen Piala Jendral Sudirman, tidak lama kemudian pergi dari tanah air.



Marco Motta

Marco Motta adalah pemain asing asli Italia ketiga di Liga Indonesia. Pemain bertahan asing berstatus bintang Persija musim 2020.

Beda dengan dua seniornya di Indonesia, Marco Motta rekam jejaknya di Liga Italia level Seria A sangat jelas.

Bek kanan kelahiran 14 Mei 1986 ini merupakan pemain yang dibesarkan Akademi Atalanta.

Lalu level senior, Marco Motta pernah membela Atalanta, Udinese, Torino, AS Roma, Juventus, Catania, Bologna, dan Genoa di Italia.

BACA JUGA:2 PNS Ini Raih Penghargaan Anugerah PNS Berprestasi Jawa Barat 2023

Mulai 2015, Motta hengkang ke Inggris dan membala Watford serta Charlton Athletic.

Selepas itu, kariernya di Spanyol membela Almería, dan sebelum ke Persija sempat berkarier semusim bersama Omonia dari Liga Siprus.

Untuk kariernya membela negara, Marco Motta adalah pemain Italia U-16, U-19, U-17, U-19, U-20, U-21, serta skuad Olimpiade negeri itu.

Marco Motta sekali membela timnas Italia level senior pada 2010 atau satu dekade sebelum ke Liga Indonesia.



Stefano Beltrame

Stefano Beltrame, gelandang serang berpaspor Italia kelahiran Biella, 8 Februari 1993, akan memperkuat Persib di sisa putaran kedua kompetisi Liga 1 musim 2023/2024.

Stefano merupakan pemain berkebangsaan Italia pertama yang membela Maung Bandung sejak menggunakan jasa pemain asing pada Liga Indonesia 2003 silam.

"Wilujeng sumping, Stefano. Stefano akan memperkuat PERSIB dengan ikatan kontrak 6 bulan ke depan dengan opsi perpanjangan," kata Teddy Tjahjono dikuti dari laman resmi klub.

Sebelum gabung ke klub kebanggaan Bobotoh ini, Stefano bermain untuk klub asal Portugal, CS Maritimo Funchal (2020-2023). Di klubnya itu, ia bermain sebanyak 43 pertandingan dan mencetak 2 gol.

Sebelumnya, Stefano tercatat pernah membela Juventus di Serie A Liga Italia. Ia dimasukkan pelatih Antonio Conte menggantikan Claudio Marchisio ketika Si Nyonya Tua ditahan imbang 1-1 oleh Genoa, Januari 2013 silam.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: