Tragis! Hasil Putusan Pimpinan KPK, Firli Bahuri Tidak Dapat Berikan Bantuan Hukum

Tragis! Hasil Putusan Pimpinan KPK, Firli Bahuri Tidak Dapat Berikan Bantuan Hukum

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)-Ist-RADARCIREBON.COM

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri tidak dapat bantuan hukum dari bekas lembaga yang dipimpinnya ini dalam menghadapi perkara hukum di Polda Metro Jaya.

"Pimpinan KPK sepakat untuk tidak memberikan bantuan hukum terkait penyidikan perkara dugaan korupsi yang sedang berproses di Polda Metro Jaya," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Selasa 28 November 2023.

Ali menerangkan keputusan tersebut diambil setelah KPK menggelar rapat internal antara pimpinan, pejabat struktural dan biro hukum KPK.

BACA JUGA:Jangan Salah! Begini Cara Bedakan Gejala Serangan Jantung dan Maag atau Tukak Lambung

"Rapat pimpinan kemudian membahasnya dan berkesimpulan bahwa tentu dugaan tindak pidana yang sedang berproses di Polda Metro Jaya ini tidak sesuai dengan ketentuan dalam peraturan pemerintah dimaksud begitu sehingga KPK tidak memberikan bantuan hukum," ujarnya.

Ali mengatakan keputusan untuk tidak memberikan bantuan hukum tersebut juga sesuai dengan ketentuan dan mekanisme aturan hukum yang berlalu.

"Kami penegak hukum, apa yang kemudian kami kerjakan, kami lakukan, kami pastikan patuh pada semua aturan hukum.”

BACA JUGA:Hasil Kualifikasi Liga Champions 2023-2024 Grup E: Atletico Madrid dan Lazio Melaju ke 16 Besar

“Kami tidak akan pernah melanggar aturan hukum itu sendiri. Oleh karena itu dasar hukum itulah yang menjadi pegangan kami," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya telah menetapkan Firli Bahuri (FB) sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Direskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak menyebutkan bahwa penetapan tersangka tersebut setelah dilakukannya gelar perkara pada Rabu 22 November 2023 lalu.

BACA JUGA:Marc Marquez dan Ducati Cepat Beradaptasi, Awal Positif Hadapi Musim Depan

Terkait penetapan tersangka tersebut, Firli kemudian diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK melalui surat Keputusan Presiden RI Nomor 116 Tahun 2023 tertanggal 24 November 2023.

Bersamaan surat tersebut Presiden RI Joko Widodo juga menetapkan Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara menggantikan Firli Bahuri. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase