9 Jenis Kayu Terbaik di Indonesia, Ada yang Sekuat Besi Hingga Terkenal ke Manca Negara

9 Jenis Kayu Terbaik di Indonesia, Ada yang Sekuat Besi Hingga Terkenal ke Manca Negara

Kayu jati, salah satu jenis kayu terbaik di Indonesia. Foto: -Tangkapan layar-Adnan Buyung/Youtube

9 Jenis Kayu Terbaik di Indonesia, Ada yang Sekuat Besi Hingga Terkenal ke Manca Negara

RADARCIREBON.COM - Banyak kayu terbaik di Indonesia yang tumbuh di hutan tropis yang tersebar di pulau-pulau besar dan kecil.

Hutan tropis dengan vegetasi yang sangat baik dan terpaan sinar matahari yang cukup membuat berbagai jenis pohon tumbuh subur dan menghasilkan kayu-kayu dengan mutu yang sangat bagus.

Beberapa kayu dari Indonesia bahkan sangat terkenal hingga ke belahan dunia lain. Jadi buruan para kolektor hingga menandakan status sosial dan ekonomi masyarakat.

Sudah sejak lama kayu memang menjadi komoditi utama yang diperdagangkan di Nusantara.

BACA JUGA:7 Kayu Termahal di Dunia Jati Tidak Termasuk, Nomor 1 dan 3 dari Indonesia

BACA JUGA:Tiga Cara Rayakan Tahun Baru Seru Tanpa Harus Bermacet-macetan

Ada yang dimanfaatkan sebagai bahan membuat perkakas, bangunan rumah, kapal laut hingga pengobatan dan alat kosmetik serta parfum.

Ada puluhan mungkin ratusan bahkan ribuan jenis kayu di Indonesia yang memiliki fungsi serta kegunaan yang berbeda-beda. Mutu, hingga keindahan serat dan kekuatannya juga berbeda.

Berbagai jenis kayu ini secara turun temurun digunakan untuk berbagai kebutuhan. Adat dan kebudayaan masyarakat Nusantara sendiri tidak bisa dilepaskan dari berbagai ornamen kayu. 

Sehingga menghasil produk yang seperti senjata untuk berburu, kebutuhan rumah tangga hingga produk yang bernilai seni tinggi seperti ukiran kaligrafi dan patung.

BACA JUGA:Hasil Lengkap Liga Champions Eropa 2023-2024 Match Day ke-5: Inter Milan Sukses Comeback

Nah, dari sekian banyak jenis kayu di Indonesia, berikut ini akan diulas 9 jenis kayu terbaik di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke manca negara.

9. Kayu Trembesi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: