9 Jenis Kayu Terbaik di Indonesia, Ada yang Sekuat Besi Hingga Terkenal ke Manca Negara

9 Jenis Kayu Terbaik di Indonesia, Ada yang Sekuat Besi Hingga Terkenal ke Manca Negara

Kayu jati, salah satu jenis kayu terbaik di Indonesia. Foto: -Tangkapan layar-Adnan Buyung/Youtube

Kayu cendana juga cukup sulit untuk dibudidayakan. Waktu pertumbuhannya juga lambat sehingga cukup lama untuk dipanen.

Namun demikian, kayu cendara cukup diminati di pasaran. Oleh karena nilainya cukup tinggi. Bahkan penjualan kayu cendara menggunakan takaran kilogram bukan meter kubik.

Di Indonesia, kayu cendana tumbuh subur di daerah Nusa Tenggara Timur dan sudah lama menjadi komoditas ekspor.

5. Kayu Merbau

Kali ini kita beralih ke Pulau Maluku dan Papua. Ada kayu merbau yang pohonnya tumbuh subur di dua pulau tersebut. Ini adalah jenis kayu keras berikutnya dari Indonesia.

Kayu merbau juga tergolong jenis kayu terbaik di Indonesia. Di daerah asalnya, kayu merbau juga dijuluki kayu besi. Karena tingkat kekerasannya yang tinggi.

Pohon merbau tinggi menjulan sesuai umurnya. Biasanya dapat tumbuh hingga ketinggian maksimal mencapai 50 meter. Pohon merbau juga tumbuh lurus dan bebas dari batang biasanya hingga ketinggian 20 meter.

Selain untuk bahan firnitur dan mebel, kayu merbau juga bisa digunakan untuk kontruksi bangunan bahkan dek kapal. Ini karena jenis kayu ini memiliki daya tahan yang sangat bagus. 

Namun demikian, terdapat kelemahan kayu merbau yang cukup umum. Meski mudah dipotong dan di-finishing, kayu merbau bisanya sulit untuk dibubut dan dipaku. Itu karena sifat getas pada kayu ini.

4. Kayu Ulin

Berikut ini adalah jenis kayu terbaik di Indonesia yang berasal dari hutan tropis Kalimantan. Namanya kayu ulin. Juga tergolong jenis kayu keras.

Kayu ulin juga biasa digunakan untu meterial pembuatan kapal laut. Selain Kalimantan, kayu ulin juga dapat tumbuh di beberapa tempat seperti Sumatera Selatan.

Pohon ulin sendiri tergolong jenis pohon yang tinggi menjulan dengan tinggi maksimal bisa mencapai 50 meter dan diameter mencapai 1 meter lebih.

Kelebihan kayu ulin antara lain tahan terhadap perubahan suhu dan kelembapan. Kayu ulin juga tidak mudah dimakan rayap sehingga sangat cocok untuk material konstruksi.

Bagi penduduk Kalimantan, kayu ulin biasanya digunakan untuk bahan pembuat rumah panggung hingga bahan kerajinan seperti patung dan perhiasan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: