HPAI Gelar Seminar dan Gerakan Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Iklim

HPAI Gelar Seminar dan Gerakan Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Iklim

Seminar dan Gerakan Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Iklim-Ist-radarcirebon

RADARCIR EBON.COM -Dalam rangka menginspirasi warga sekolah dan warga masyarakat agar melakukan perlindungan alam melalui tindakan peduli terhadap perubahan iklim dan pemanasan global yang terjadi.  Himpunan Penggiat Adiwiyata Indonesia (HPAI) diketahui telah mencanangkan Gerakan Menanam Pohon dan Gerakan Pembibitan Mandiri pada peringatan Hari Menanam Sejuta Pohon 10 Januari 2023 yang lalu. 

Gerakan ini menjadi  fokus gerakan HPAI sepanjang tahun 2023. Dalam pelaksanaan fokus kegiatan, atas dukungan PT.Astra International, Tbk dan dukungan pihak lain, tahun 2023 ini HPAI merencanakan penanaman pohon di 5 titik (5 DPW). 

Ketua Umum DPP HPAI, Rosalia Sri Hartati, M.Pd didampingi Ketua HPAI DPW Kabupaten Cirebon Hj. Yuniarti Effendy, M. Pd, menyampaikan, Gerakan penanaman pohon  telah dilaksanakan di 3 titik, yakni di DPW Jakarta Utara pada 20 Januari 2023 (8000 pohon), DPW Kabupaten Temanggung 11 Maret 2023  (20.000 pohon), dan di DPW Kabupaten Ciamis 25 November 2023 (2599 pohon). 

Disamping itu sepanjang musim kemarau juga dilaksanakan kegiatan seperti workshop, sarasehan, forum, sosialisasi, jambore,  kelas pembinaan calon DPW, lalu pelaksanaan seminar nasional dan  gerakan menanam pohon ialah DPW HPAI Cirebon, 2 Desember 2023 dengan Tema Seminar Integrasi Pemanasan Global dan Dampak Perubahan Iklim dalam Dokumen Perencanaan Sekolah Adiwiyata. Tema Gerakan: Menanam pohon, menanam kebaikan bersama

BACA JUGA:3 Hari Ada Dentuman Misterius di Kapetakan Cirebon, Ternyata Gempa Bumi

Dan, DPW Jakarta Barat nanti pada tanggal 16 Desember 2023 juga menyelenggarakan seminar dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Upaya Mendukung Pengendalian Perubahan Iklim Tema Gerakan: Gerakan Menanam, 1 orang 1 pohon.

“Dewan Pengurus Wilayah HPAI Kabupaten Cirebon yang ditetapkan sebagai DPW melalui Surat Keputusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) tertanggal 5 MEI 2021, atas dukungan Bupati Cirebon Drs.H. Imron Rosyadi, M.Ag beserta seluruh jajarannya, dan dukungan berbagai pihak, terus bergerak selaras dengan program yang sudah ditetapkan sesuai Visi HPAI,”ungkapnya.

Visi HPAI ialah Mendukung Pelaksanaan Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah.  

“Kemarin kami juga menggelar Seminar Nasional Pengendalian Dampak Perubahan Iklim,”katanya.

BACA JUGA:5 Waterboom di Bandung yang Bisa Dikunjungi Bersama Keluarga untuk Liburan Sekolah

Materi seminar diisi dengan tiga pembahasan yakni memahami Potensi, Masalah dan Ketahanan Bencana terkait iklim suatu daerah, narasumber Tri Widayati - Dir Adaptasi Perubahan Iklim KLHK. Lalu, Penyusunan IPMLH, EDS dan rencana Gerakan PBLH Sekolah, narasumber Elysabeth Kalew - PGLHK KLHK. Dan, Penyusunan Rencana Gerakan PBLHS Korelasi dengan pengendalian perubahan iklim, narasumber Dra. Sri Yunitta - DPP HPAI. Sedangkan Gerakan Menanam Pohon akan dilaksanakan di Desa Kubangdeleg Kecamatan Karangwareng.(cep/rls).

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: