Amankan Nataru, Kapolri: Operasi Lilin Dimulai 20 Desember 2023

Amankan Nataru, Kapolri: Operasi Lilin Dimulai 20 Desember 2023

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo--

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Jajaran kepolisian akan menggelar Operasi Lilin guna menyambut Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Operasi Lilin ini akan mulai digelar pada 20 Desember 2023 sampai dengan 2 Januari 2024.

Hal ini disampaikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo usai mengikuti Sidang Kabinet Paripurna di Istana Negara Jakarta, pada Senin, 11 Desember 2023.

BACA JUGA:Rafael Alun Dituntut 14 Tahun Penjara dan Denda Sebesar Rp18 Miliar Lebih

BACA JUGA:5 Tahun Menjabat, Inilah Beberapa Keberhasilan Bupati Imron di Bidang Pendidikan yang Jarang Diketahui

Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo memprediksi akan ada pergeseran masyarakat sekitar 10,6 juta untuk merayakan natal dan tahun baru.

Oleh sebab itu, Polri perlu melakukan pengaman dan pengawalan terkait dengan rangkaian kegiatan natal dan tahun baru dengan melaksanakan operasi Lilin

“Ada sekitar 130 ribu personel gabungan dari Polri, TNI, dan aparat pemerintah maupun seluruh stakeholder terkait yang terlibat dalam operasi lilii,” kata Kapolri.

Berkaitan dengan kegiatan ini, Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo harus dikawal agar kegiatan Operasi Lilin berjalan dengan baik, aman dan lancar termasuk juga distribusi sembako.

BACA JUGA:Merasa Ditipu Oleh Oknum Marketing Biro Perjalanan Umrah, Puluhan Kuwu Minta Polresta Cirebon Usut Tuntas

BACA JUGA:Jelang Nataru 2023-2024, Wakapolres Cirebon Kota Cek Tempat Wisata

“Termasuk distribusi BBM yang akan menjadi pertain kita,” katanya.

Selain mengerahkan personil gabungan, Polri akan merekayasa arus lalu lintas untuk mengantisipasi kemancetan yang akan terjadi saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

“Ini kita lakukan agar tidak terjadi kemancetan masyarakat yang merayakan maupun masyarakat yang akan mudik dan rus balik ke kampung halaman, hal ini akan kita memberlakukan contraflow hingga one way,” lanjutnya.

Listyo Sigit Prabowo juga memprediksi akan terjadi 2 kali puncak arus balik dan arus mudik yaitu menjelang Natal dan menjelang malam Tahun Baru.

BACA JUGA:Tok! Para Pembunuh Pemuda Aceh Imam Masykur Divonis Penjara Seumur Hidup

“Tentunya Polri akan memberlakukan rekayasa lalu lintas mulai dari pengaturan contraflow sampai dengan one way," katanya.

Polri akan menggunakan metode traffic count untuk mengetahui volume lalu lintas, menurut Listyo Sigit Prabowo efektif diterapkan untuk mengurai kemacetan saat arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023 kemarin.

"Kita mempunyai rumusan traffic counting saat kita sudah ujicoba pada saat pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri kemarin,” ucap Kapolri.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase