Status Para Capres Usai Debat Perdana, Ada yang Singgung Wakanda hingga Soal Paling Hebat

Status Para Capres Usai Debat Perdana, Ada yang Singgung Wakanda hingga Soal Paling Hebat

Para Capres Pemilu 2024 usai melaksanakan debat perdana di KPU RI. -Prabowo Subianto/Ig-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Calon Presiden Nomor Urut 1, 2, dan 3 telah melaksanakan debat perdana yang dihelat di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU), Selasa malam, 12, Desember 2023.

Adapun untuk topik atau tema debat pertama meliputi Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga. 

Usai melaksanakan agenda debat pertama, para calon presiden mengungkapkan pernyataan lewat media sosial masing-masing.

Capres Anies Baswedan sempat menyinggung soal sebutan Wakanda dan Indonesia: Wakanda no more, Indonesia forever. 

BACA JUGA:Panwascam Kejaksan Ikut Awasi Gudang Logistk KPU Kota Cirebon

Sementara Prabowo Subianto: Debat perdana calon presiden RI 2024 yang diselenggarakan oleh KPU RI.

Setelah itu, Prabowo mengunggah simbol 2 jadi yang juga ikon dari pasangan Prabowo - Gibran.

Sedangkan Ganjar Pranowo menyinggung soal bukan yang paling hebat dalam debat tersebut dan bagaimana seharusnya seorang pemimpin menyelaraskan perkataan dan perbuatan. 

"Ini bukan tentang siapa paling hebat dalam debat. Tapi ini tentang bagaimana menyelaraskan pemikiran, perkataan dan perbuatan kita untuk masa depan rakyat. Sudah saatnya kita gerak sat set, tas tes!," tulis Ganjar.

BACA JUGA:Soal Penegakkan HAM di Papua, Ketiga Capres: Dialog Harus Diketengahkan

Para pasangan capres - cawapres masih akan melanjutkan dengan tema debat berikutnya yang sudah disusun KPU dan disepakati oleh masing-masing tim.

Debat kedua bertema Ekonomi (baik ekonomi kerakyatan, ekonomi digital), Keuangan, Investasi Pajak, Perdagangan, Pengelolaan APBN-APBD, Infrastruktur dan Perkotaan.

Debat ketiga bertema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional dan Geopolitik. Debat keempat bertema Pembangunan Berkelanjutan, Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup, Energi, Pangan, Agraria, Masyarakat Adat dan Desa.

Dan debat kelima atau terakhir bertema Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia dan juga Inklusi. (*) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: