Angka Pengangguran di Kota Cirebon Turun di Tahun 2023, Komisi III DPRD Belum Puas

Angka Pengangguran di Kota Cirebon Turun di Tahun 2023, Komisi III DPRD Belum Puas

Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Cicip Awaludin.-Istimewa-radarcirebon.com

RADARCIERBON.COM - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menyebut bahwa angka pengangguran terbuka di Kota Cirebon turun dari 8,42 persen di 2022 menjadi 7,66 persen di 2023.

Kendati mengalami penurunan, tetapi angka pengangguran di Kota Cirebon masih perlu ditekan. Sebab, itu baru kategori pengangguran terbuka, belum pengangguran tertutup.

Anggota Komisi III DPRD Kota Cirebon, Cicip Awaludin berharap agar Disnaker bisa memaksimalkan 40 Lembaga Pelatihan Kerja (LPK).

“Kami juga minta, untuk Disnaker melakukan monitoring terhadap 40 LPK di Kota, sehingga nanti akan berkaitan juga dengan penanggulangan tenaga kerja,” katanya.

BACA JUGA:Komisi III DPRD Kota Cirebon Minta Angka Pengangguran Ditekan

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Cirebon, Agus Suherman mengatakan, telah melakukan berbagai upaya menekan angka pengangguran di Kota Cirebon selama tahun 2023.

Pihaknya telah melakukan sejumlah kegiatan di antaranya ekspansi job fair dengan beberapa Perguruan Tinggi di Kota Cirebon.

Peningkatan kualitas angkatan kerja melalui bursa kerja khusus (BKK), serta peningkatan peran LPK Tripartit dan Dewan Pengupahan Kota.

“Selain itu, ke depan, kami juga akan terus gencar mengadakan sosialisasi, terutama soal TKI, agar jangan sampai terjebak jadi pekerja ilegal, terutama bagaimana cara kerja ke luar negeri yang aman sesuai aturan,” ungkapnya.

BACA JUGA:3 Hal Ini Terpenuhi, Masyarakat Kota Cirebon Bisa Makin Bahagia

Sejauh ini, kata dia, realisasi kegiatan yang telah dilakukan Disnaker mencapai 70,52 persen.

Agus juga berharap kepada pemerintah agar terus mendukung kegiatan baik pengadaan maupun peningkatan SDM.

“Desember ini dan seterusnya, kami meminta support pemerintah mengenai kegiatan yang berlangsung di kota Cirebon,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: