Jersey Lionel Messi Saat Tampil di Piala Dunia Qatar 2022 Dilelang, Segini Nilai Angka Terjuanlnya

Jersey Lionel Messi Saat Tampil di Piala Dunia Qatar 2022 Dilelang, Segini Nilai Angka Terjuanlnya

Kapten Timnas Argentina Lionel Messi-@fifaworldcup-Instagram

RADARCIREBON.COM – Lionel Messi terlahir dengan bakat sepakbola yang luar biasa, sampai-sampai apa yang ia kenakan, baik di dalam maupun luar lapangan selalu menjadi perhatian orang.

Baru-baru ini, saat Lionel Messi tampil di Piala Dunia 2022 Qatar enam jersey yang ia kenakan selama turnamen tersebut laku ratusan miliar.

Lionel Messi yang saat itu didapuk jadi kapten timnas Argentina, berhasil membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia 2022 setelah sukses mengalahkan Perancis lewat babak adu pinalti.

Enam Jersey sepak bola yang dipakai kapten timnas Argentina Lionel Messi pada Piala Dunia 2022 di Qatar telah terjual seharga 7,8 juta dolar atau sekitar Rp 121 miliar, kata rumah lelang Sotheby’s, Jumat 25 Desember 2023.

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Tegal Diguncang Gempa 4.5 Magnitudo, BMKG : Terasa di Cirebon Hingga Subang

Sekitar tiga tawaran untuk enam Jersey milik Messi di Sotheby's yang digambarkan sebagai kemeja Argentina ikonik berwarna biru muda dan putih, bergaris vertikal yang dikenakan mega bintang tersebut dari pertandingan bersejarahnya di Piala Dunia FIFA 2022.

“Harga Jersey tersebut memecahkan rekor penjualan barang yang dikaitkan dengan bintang Argentina itu, dan merupakan barang memorabilia olahraga paling berharga yang dijual di lelang tahun ini sejauh ini, kata Sotheby's.

Messi memimpin Argentina meraih kemenangan adu penalti 4-2 atas Prancis di stadion Lusail Qatar yang berkapasitas 80.000 penonton pada 18 Desember 2022.

BACA JUGA:Penjabat Bupati Sumedang Minta Guru Olahraga Jadi Agen Cegah Bullying

“Piala Dunia FIFA 2022 berdiri sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah olahraga, secara intrinsik terhubung dengan perjalanan gagah berani Messi dan mengukuhkan statusnya sebagai pemain terhebat sepanjang masa,” kata Brahm Wachter, kepala koleksi modern Sotheby.

Menurut keterangan Sotheby’, penjualan enam kaus ini merupakan sebuah peristiwa monumental dalam sejarah lelang, yang menawarkan kepada para penggemar dan kolektor sebuah kaitan dengan pencapaian puncak Messi.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Sotheby’s untuk mempersembahkan dan memamerkan barang-barang koleksi yang tak ternilai ini kepada publik, yang merangkum kecemerlangan seorang pemain yang telah mendefinisikan ulang batas-batas keunggulan sepak bola,” tulis keterangan Sotheby’s.

BACA JUGA:Innalilahi, 12 Korban Tewas Akibat Bus yang Ditumpanginya Oleng di Interchange Cikampek

Sotheby's melanjutkan, bahwa kaus bersejarah ini tidak hanya merupakan pengingat nyata dari salah satu momen terpenting dalam sejarah olahraga, namun pada prinsipnya terkait dengan momen puncak dalam karier pemain sepak bola paling berprestasi dalam sejarah.

Awal bulan ini, Messi dinobatkan sebagai Atlet Terbaik Tahun Ini" versi majalah Time untuk tahun 2023 setelah musim yang luar biasa ditandai dengan penghargaan Ballon d'Or kedelapan dan kepindahannya yang luar biasa ke Inter Miami dari Major League Soccer.

Messi yang berusia 36 tahun melakukan debutnya untuk Miami pada bulan Juli setelah kepergiannya dari Paris Saint-Germain.

BACA JUGA:Buruh Demo Sebabkan Macet, Said Iqbal Minta Maaf Kepada Pengguna Jalan Tol Cipularang dan Cipali

Pemenang Piala Dunia itu juga menolak kepindahan yang menguntungkan ke Arab Saudi demi membuka babak baru di MLS.

Pemenang Ballon d'Or delapan kali itu memberikan dampak instan pada nasib Miami, memainkan peran penting dalam membantu tim memenangkan Piala Liga yang diperluas, kompetisi lintas batas untuk tim-tim dari MLS dan papan atas Meksiko.

Pada tahun lalu, seragam Michael Jordan dari pertandingan pembukaan Final NBA 1998 memegang rekor harga tertinggi yang dibayarkan untuk item memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan, dengan harga  10,1 juta dolar.

Menurut Sotheby's, rekor memorabilia olahraga yang dikenakan saat ini adalah jersey Final NBA 1998 milik Michael Jordan, yang terjual seharga 10,1 juta dolar di Sotheby's New York pada September 2022.

BACA JUGA:Mengenal Varian Baru Covid-19 Eris EG.5 yang Sedang Naik Daun

“Piala Dunia FIFA 2022 berdiri sebagai salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah olahraga, secara intrinsik terhubung dengan perjalanan gagah berani Messi dan mengukuhkan statusnya sebagai pemain terhebat sepanjang masa,” kata Brahm Wachter, Kepala Koleksi Modern Sotheby.

“Penjualan enam kaus ini merupakan peristiwa monumental dalam sejarah lelang, yang memberikan koneksi kepada penggemar dan kolektor terhadap pencapaian puncak Messi,’ katanya.

Rekor terkini untuk item memorabilia olahraga sepak bola yang sudah usang adalah Kemeja 'Tangan Tuhan' Diego Maradona, yang terjual seharga 9,3 juta dolar di Sotheby's London pada Mei 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase