Dua Unit Rumah Warga Rusak Akibat Gempa Bumi di Tegal dan Brebes

Dua Unit Rumah Warga Rusak Akibat Gempa Bumi di Tegal dan Brebes

Gempa Bumi guncang Jepang. Ilustrasi: -Pixabay-

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Kabupaten Tegal dan Brebes, Jawa Tengah pada Jumat 15 Desember 2023 malam diguncang gempa bumi.

Gempa bumi tersebut berkekuatan 4.5 dan 4 magnitudo ternyata mengakibatkan 2 rumah warga rusak.

Gempa pertama yang terjadi pada Jumat, 15 Desember 2023 sekitar pukul 21.24 WIB berada dikoordinat 7,15 LS 108.86 BT dengan kedalaman 10 km.

BACA JUGA:Sopir Bus Handoyo yang Sebabkan 12 Penumpangnya Tewas Terancam Jadi Tersangka

Pusat gempa berada di darat 34 km barat daya Kabupaten Tegal hingga getaranya dirasakan pada skala III di Cirebon, skala II-III di Tegal, Brebes dan Banjar serta skala II di Subang.

Sedangkan gempa susulan terjadi Sabtu, 16 desember 2023 pada pukul 01.42 WIB yang berpusat di titik koordinat 7.15 LS, 108.89 BT di 31 km barat daya Kabupaten Tegal dengan kedalaman 10 km.

Getaran gempa yang kedua dirasakan pada skala II-III di Majenang dan Kuningan Jawa Barat.

BACA JUGA:Dirut PLN Darmawan Prasodjo Kembali Dinobatkan Jadi CEO Of The Year

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, akibat gempa di Tegal dan Brebes mengakibatkan beberapa rumah warga rusak.

"Dampak gempa yang terjadi pada malam hari di Brebes mengakibatkan kerusakan beberapa bangunan rumah di wilayah Desa Citimbang dan Desa Kedumanis, Kecamatan Salem, Kabuparten Brebes disebabkan episentrum gempa berada di wilayah tersebut," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami, Daryono di X.

Daryono menambahkan, gempa di Brebes diawali gempa kecil sejak 12 dan 14 Desember sebelumnya dengan Magnitudo bervariasi 2,5 dan 2,9.

BACA JUGA:SMAN 5 Cirebon Bersiap Gelar SMANELA CUP

“Gempa tersebut guncanganya tidak dirasakan masyarakatn, namun gempa semalam dengan Magnutido yang lebih besar antara 4,5 dan 4 dengan guncangan yang cukup kuat membuat masyarakat berhamburan keluar dan beberapa kerusakan pada rumah warga,” kata Daryono. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase