Masih Kurang Banyak, Tahun 2024 Pemerintah Buka CASN untuk Calon Hakim

Masih Kurang Banyak, Tahun 2024 Pemerintah Buka CASN untuk Calon Hakim

Ilustrasi hakim.-Pixabay -

JAKARTA, RADARCIREBON.COM - Pemerintah akan membuka formasi untuk calon hakim di proses rekrutmen calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 mendatang.

Sebab, saat ini formasi hakim masih kurang kapasitasnya lantaran pemerintah juga sangat jarang membuka formasi tersebut.

Informasi ini disampaikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas.

BACA JUGA:Innalilahi Wa Innailaihi Rojiun, Istri Habib Rizieq Shihab Meninggal Dunia

“Jadi, setelah beberapa waktu sudah tidak ada formasi cakim secara besar-besaran," ujar Abdullah Azwar dalam keterangan resmi, Sabtu 16 Desember 2023.

"Maka ini menjadi pertimbangan dari Kementerian PANRB untuk menyediakan formasi untuk calon hakim tahun 2024. Karena kekurangannya cukup banyak,” sambungnya.

Dibukanya formasi calon hakim sendiri guna memenuhi kebutuhan Hakim yang berasal dari Pegawai Negeri Sipil (PNS).

BACA JUGA:Dua Unit Rumah Warga Rusak Akibat Gempa Bumi di Tegal dan Brebes

Pemilihan Hakim dilakukan dari calon hakim (cakim) yang berasal dari Analis Perkara Peradilan yang telah diangkat sebagai PNS sesuai dengan kebutuhan CPNS dan memenuhi syarat sebagai Calon Hakim di Mahkamah Agung.

Proses pengadaan Hakim dilaksanakan dengan langkah-langkah serupa seperti rekrutmen CASN pada umumnya.

Dimulai dari perencanaan kebutuhan hingga pengangkatan sebagai Hakim.

BACA JUGA:Sopir Bus Handoyo yang Sebabkan 12 Penumpangnya Tewas Terancam Jadi Tersangka

Anas menjelaskan bahwa meskipun melibatkan uji kompetensi, menjadi Hakim membutuhkan tahapan khusus yang dijalankan oleh Mahkamah Agung.

Berdasarkan data dari Mahkamah Agung, terdapat kebutuhan besar akan Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur untuk mengisi posisi di unit kerja pengadilan baru dalam lingkungan Mahkamah Agung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase