5 Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik Di Cirebon

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik Di Cirebon

5 Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik Di Cirebon-Foto : Ist-

RADARCIREBON.ID Rasanya tidak lengkap jika jalan-jalan ke Cirebon tanpa membeli oleh-oleh yang khas. Nah, jika Anda ingin beli oleh-oleh di Cirebon, mampirlah ke 5 tempat belanja ini. Mulai dari batik Trusmi sampai camilan, semua ada!

Kota Udang Cirebon terkenal akan batik motif megamendung dan camilan kerupuk melarat serta terasi yang khas.

1. Batik Trusmi

Jika ingin membeli batik motif megamendung khas Cirebon, maka Anda harus mampir ke Batik Trusmi. Nama trusmi sejatinya diambil dari nama penyebar Islam di Trusmi, Ki Gede Trusmi, yang juga menjadi nama desa.

Kawasan Trusmi sendiri terkenal sebagai sentra batik. Anda tidak hanya dapat menemukan batik motif megamendung, namun juga batik Pekalongan, hingga batik dari daerah lain di Jawa Tengah. Adapun banyak traveler datang ke Pusat Grosir Batik Trusmi di Jl Trusmi Kulon No 148, Plered.

Pusat Grosir Batik Trusmi memiliki bentuk toko seperti pusat perbelanjaan dan sangat nyaman. Ada batik tulis, cetak, hingga gantungan kunci dan camilan ringan. Jika beruntung Anda juga bisa lihat pembuatan batiknya langsung di sana.

Seiring dengan perkembangan, Pusat Grosir Batik Trusmi juga memiliki beberapa jaringan toko lain tidak hanya di Cirebon, namun hingga beberapa kota besar di Indonesia. Tapi pastinya lebih seru beli langsung di toko pertamanya di Cirebon dong. Toko ini buka dari pukul 08.00-20.00 WIB setiap harinya.

2. Toko Daud

Rekomendasi tempat belanja oleh-oleh berikutnya adalah Toko Daud di Jalan Sukalila Utara No 4D, dekat dengan Pasar Pagi Cirebon. Jika mau mencari kerupuk, terasi, camilan manis hingga batik, semua ada di Toko Daud.

Soal harga tidak usah khawatir, harga barang di Toko Daud dibanderol mulai dari Rp 5 ribu hingga Rp 40 ribu. Apabila Anda beli banyak atau grosiran, Anda juga bisa minta potongan harga.

Oh iya, Toko Daud juga merupakan salah satu tempat langganan Sultan Cirebon untuk beli oleh-oleh lho. Setiap harinya Toko Daud buka dari pukul 07.00 sampai pukul 20.00 WIB.

3. Toko Pangestu

Toko oleh-oleh berikutnya adalah Toko Pangestu yang terletak di Jl Sukalila Selatan No 49, berdekatan dengan Toko Daud dan Pasar Pagi Cirebon.

Toko yang berdiri sejak tahun 1992 ini, pada awalnya buka di Pasar Pagi, sebelum berkembang dan pindah ke alamatnya yang sekarang.

Variasi oleh-oleh khas Cirebon yang ada di Toko Pangestu juga sangat beragam, mulai dari abon udang ebi, dendeng udang, terasi, petis, kerupuk rambak, Sirup Campolay, rengginang, hingga tape ketan Kuningan. Toko Pangestu memang memasok dagangannya dari daerah Cirebon dan sekitarnya.

BACA JUGA:Kapolresta Cirebon Lepas Anggota Polri dan ASN Purna Bhakti

Jika ingin mencari tahu soal oleh-oleh yang dijual Toko Pangestu, Anda bisa melihat infonya di situs pribadi Toko Pangestu. Semua informasi soal oleh-oleh yang dijual, sejarah, hingga alamat tokonya bisa dilihat di situsnya.

4. Pasar Kanoman

Kalau Anda mau mencari oleh-oleh khas Cirebon dengan harga paling miring, Pasar Kanoman di Jl Kanoman bisa jadi rekomendasi utama. Pasar yang terletak di kawasan kota tua Cirebon ini menjual banyak oleh-oleh dengan harga murah.

Selain batik, Pasar Kanoman juga menjual panganan khas Cirebon, seperti blakutak, ikan pari asap, hingga cumi bulat gemuk yang nikmat. Lalu juga ada penjual kerupuk melarat, rengginang udang, kerupuk kulit dan gapit.

Usai belanja, Anda juga bisa jalan-jalan sejenak ke Keraton Kanoman yang terletak di belakang pasar. Sambil belanja oleh-oleh, bisa sambil jalan-jalan.

5. Pasar Pagi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: