5 Manfaat Kesehatan Bawang Putih Jika Dikonsumsi Secara Teratur

5 Manfaat Kesehatan Bawang Putih Jika Dikonsumsi Secara Teratur

Perlu diketahui, bawang putih mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh kita. -Istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Bawang putih bukan sekedar bumbu yang mampu menambah aroma dan rasa pada makanan. Rempah ini juga mempunyai banyak manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh.   

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang putih dapat membantu menjaga kesehatan kardiovaskular dan pencernaan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh.   

Selain itu, nilai gizinya yang dapat meningkatkan kesehatan, seperti vitamin C, zinc, zat besi, potasium, magnesium dan vitamin K. Jika kita menggunakan bawang putih secara teratur, kita mendapatkan lebih banyak vitamin dan mineral penting. 

5 Manfaat Kesehatan Bawang Putih Jika Dikonsumsi Secara Teratur

Berikut manfaat bawang putih bagi kesehatan jika kita menggunakannya secara rutin: 

BACA JUGA:Mulai Senin Besok, Kemenkes Gelar Imunisasi Polio Serentak Secara Nasional

1. Mendukung sistem kekebalan tubuh   

Peradangan kronik dapat merusak kekebalan tubuh, karena mengancam penurunan jumlah sel darah putih.

Menurut studi tahun 2021 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Translational Research, efek ekstrak bawang putih telah terbukti membantu mengurangi peradangan sistemik dan memulihkan kadar sel darah putih.  

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh allicin, senyawa yang mengandung sulfur yang ditemukan dalam makanan allium seperti bawang merah, daun bawang, dan bawang putih.  

Selain itu, ulasan yang diterbitkan dalam Trends in Food Science and Technology pada tahun 2020 menemukan bahwa bawang putih mungkin memiliki efek antivirus berkat senyawa sulfur organik. Para ilmuwan percaya bahwa bawang putih membantu mencegah virus memasuki sel kita dan berkembang biak.

BACA JUGA:KPK Putuskan Banding Atas Vonis Hakim Terhadap Rafael Alun Trisambodo

2. Meningkatkan kesehatan usus   

Kita mungkin pernah mendengar tentang probiotik atau bakteri hidup yang mendukung kesehatan usus, tapi jangan meremehkan kekuatan prebiotik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: