10 Oleh-oleh Khas Majalengka yang Paling Diburu Wisatawan Lokal Maupun Asing

10 Oleh-oleh Khas Majalengka yang Paling Diburu Wisatawan Lokal Maupun Asing

Gula cakar merupakan pemanis tradisional khas Kabupaten Majalengka. -Foto: Istimewa-radarcirebon.com

4. Oncom Goreng  

Oleh-oleh khas Majalengka lainnya adalah oncom. Hidangan khas ini mungkin sudah sering Anda jumpai di banyak tempat selain Majalengka. Namun oncom khas kota ini dibumbui terlebih dahulu dengan bumbu dan bawang goreng sebagai lauknya.

Rasa asinnya yang khas mampu menggoda Anda saat menyantapnya. Oncom dijual dalam kemasan plastik dan memiliki umur simpan yang lama.   

5. Kerajinan Rotan   

Kerajinan rotan juga menjadi oleh-oleh khas Majalengka yang bisa Anda beli. Kerajinan rotan ini merupakan produk lokal yang  berhasil menembus pasar Eropa. Fakta mengejutkan ini memang benar adanya.

Desa Leuwilaja Sindangwangi merupakan daerah sentra kerajinan rotan yang menjadi bagian dari Kabupaten Majalengka. Kerajinan tangan berbahan rotan serbaguna seperti kursi, meja, pot bunga, keranjang cucian, tempat tidur, serbet dan lainnya. 

BACA JUGA: 10 Bakso Enak di Kuningan yang Kelezatannya Bikin Ketagihan

Kualitasnya sungguh patut diacungi jempol. Kemurniannya yang tinggi namun melalui proses alami menjadikannya salah satu oleh-oleh khas Majalengka yang patut dibanggakan. 

7. Kain Batik Majalengka  

Batik Majalengka masih mempunyai tempat di hati masyarakat. Di tempat ini Anda bisa membeli oleh-oleh khas Majalengka selama berlibur. Secara umum penciptaan batik terinspirasi dari binatang, budaya, benda dan tumbuhan. Selain itu, ada juga kain batik  yang terinspirasi dari tanaman hias, mahkota, dan kapak. 

Produk Kabupaten Majalengka ini mudah dikenali dari coraknya yang khas. Lauk Ngibing, Nyi Rambut Kasih, Kota Angin, Gedong Gincu dan Simbar Kencana adalah motif-motif batik Majalengka yang bisa Anda pilih sebagai oleh-oleh untuk sanak saudara di kampung halaman.

Demikian ulasan mengenai oleh-oleh khas Majalengka yang bisa Anda bawa pulang untuk sanah keluarga ketika berkunjung ke kota ini. Semoga bermanfaat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: