Pengguna QRIS Meningkat serta Digitalisasi Pembayaran Pajak dan Retribusi, Begini Penjelasan BI Cirebon

Pengguna QRIS Meningkat serta Digitalisasi Pembayaran Pajak dan Retribusi, Begini Penjelasan BI Cirebon

Penggunaan QRIS di Ciayumajakuning terus meningkat. -SENO-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) CIREBON terus mendorong digitalisasi sistem pembayaran.

Kini transaksi pembayaran digital pun terus meningkat. Salah satunya ditandai dengan transaksi dan pengguna Quick Response Code Indonesia Standard alias QRIS yang terus tumbuh.

Kepala KPw BI Cirebon, Hestu Wibowo menuturkan penggunaan QRIS di Ciayumajakuning tumbuh terakselerasi.

Dibandingkan bulan Mei 2022 hingga Oktober 2023 peningkatan penggunaan QRIS di Ciayumajakuning mencapai 1.099 volume transaksi dengan 145.704 nominal transaksi.

BACA JUGA:Prabowo Didesak Anies dan Ganjar Soal Adu Data Pertahanan, Ketua Komisi I Ingatkan Betapa Bahayanya

Jumlah merchent QRIS di Ciayumajakuning juga terus meningkat dari total merhant 455.807 di tahun 2022 menjadi 555.106 merhcant di 2023.

"Peningkatan tertinggi terjadi di Kota/kabupaten Cirebon dari semula 224.971 merhant menjadi 272.563 merchant," ungkapnya.

Digitalisasi sitem pembayaran juga diterapkan pada pemerintahan daerah lewat Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD).

Yakni, sebuah upaya terpadu dan terintegrasi untuk mengubah pembayaran pajak dan retribusi serta belanja tunai menjadi nontunai berbasis digital.

BACA JUGA:Sepeda Motor Pakai Knalpot Brong? Siap-Siap Ditindak Polres Majalengka

BACA JUGA:Pemain Timnas Indonesia 'Bertenaga Kuda', Belum Pernah Diturunkan Shin Tae-yong

Tujuannya untuk meningkatkan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Dari data indeks ETPD semester I 2023 Ciayumajakuning mendapatkan score yang baik.

"Seluruh Pemda dapat mempertahankan level digital," tuturnya.

Dalam ranking Championship Tim Percepatan dan Perluasan Digitalilsasi Daerah (TP2DD) Tahun 2022 dan 2023 Ciayumajakuning terus menunjukkan peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: