Asah Kreativitas, Mahasiswa PGSD IPB Cirebon Gelar Pentas Seni dan Drama

Asah Kreativitas, Mahasiswa PGSD IPB Cirebon Gelar Pentas Seni dan Drama

Puluhan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Seni dan Keterampilan menggelar proyek Pentas Seni dan Drama sebagai syarat lulus mata kuliah tersebut. Sabtu (6/1/2024).-KHOIRUL ANWARUDIN-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Ujian akhir semester bagi para mahasiswa, tentu sangat identik dengan kertas soal dan jawaban. Namun, hal berbeda dilakukan Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon.

Puluhan mahasiswa yang mengambil mata kuliah Pendidikan Seni dan Keterampilan menggelar proyek Pentas Seni dan Drama sebagai syarat lulus mata kuliah tersebut. Sabtu (6/1/2024).

Oleh sebab itu, Dosen Pengampu mata kuliah Pendidikan Seni dan Keterampilan, Ratri Nuryani Qudwattathifah MPd mengatakan bahwa Pentas Seni dan Drama yang digelar di lingkungan kampus setempat itu dapat disaksikan secara umum, guna mengaplikasikan teori yang selama ini dipelajari para mahasiswa di dalam kelas.

"Jadi untuk UAS nya itu tidak ada tes tertulis, yang digunakan itu adalah Pentas Seni dan Drama untuk semester 1," ungkap Ratri.

BACA JUGA:Kecelakaan Pagi Ini di Plumbon, Seorang Pelajar Meninggal Dunia Masuk ke Kolong Truk

BACA JUGA:Awal Tahun Baru 2024, Yamaha Rilis WR155R Warna dan Grafis Baru

Ada tiga pentas drama yang ditampilkan. Mulai dari Bawang Merah Bang Putih, Kisah Kasih Anak SMA dan Roro Jonggrang. Kemudian, adapula sejumlah penampilan lainnya dari mahasiswa PGSD yang berkolaborasi dengan UKM Kesenian IPB Cirebon.

Lalu, dalam kegiatan tersebut juga dimeriahkan dengan penampilan dari para dosen. Mereka sukses menampilkan parodi dari film Petualangan Sherina.

Menurut Ratri, selain harus menguasai kompetensi mengajar di dalam kelas, mahasiswa PGSD juga dituntut mempunyai kemampuan lain, seperti keterampilan menari, bernyanyi dan sebagainya. Sebab, dengan mempunyai kemampuan-kemampuan tersebut, mereka akan bisa membagikannya kepada para siswa yang diajarkannya kelak.

Maka dari itu, pihaknya mendorong kepada para mahasiswa untuk mengembangkan minat dan bakatnya di bidang apapun.

BACA JUGA:Pasca Laga Ujicoba, Inilah yang Harus Segera Diperbaiki Timnas Indonesia Jelang Piala Asia 2023

BACA JUGA:Untuk WNI, Inilah Jadwal Pemungutan Suara Pemilu Indonesia 2024 di Luar Negeri

"Kita selalu menekankan bahwa di dalam kelas guru itu tidak hanya menyampaikan materi mata pelajaran, tetapi juga harus ada keterampilan yang kamu kembangkan dan bagikan kepada siswanya," ungkapnya.

"Maka dari itu, kita selalu mendorong mahasiswa untuk mengembangkan potensi, minat dan bakat yang dimilikinya," pungkasnya. (awr/opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: