6 Makanan Sehat dan Manfaatnya bagi Tubuh

6 Makanan Sehat dan Manfaatnya bagi Tubuh

-Foto: istimewa-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Perlu Anda ketahui bahwa artikel ini akan mengulas tentang beberapa makanan sehat dan manfaatnya bagi tubuh. Maka, harap simak penjelasannya sampai selesai agar kita sama-sama hidup sehat.

Setiap makanan dan minuman yang kita konsumsi tentunya mempunyai pengaruh penting bagi fungsi tubuh kita. Maka tak heran jika Anda terus-menerus mendengar seruan untuk mengonsumsi makanan sehat.

Pola makan sehat tidak hanya berarti kenyang, semua kombinasi makanan sehat harus diperhatikan. Anda harus memiliki keseimbangan yang baik antara karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan nutrisi lainnya.

Pasalnya, tidak ada satu pun makanan sehat yang mengandung semua nutrisi dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu komposisi yang seimbang harus selalu diperhatikan.

Pola makan sehat juga semakin digalakkan di masa pandemi COVID-19. Meski angka infeksinya kini menurun, virus corona masih ada dan bisa menyerang Anda. Ada banyak cara untuk mencegah penyebaran virus ini, termasuk pola makan yang sehat.

Diawali dengan makan dengan komposisi lengkap sesuai pedoman Kementerian Kesehatan yaitu "Piring Makananku". Jadi kita perlu memastikan bahwa kita memiliki sayuran, buah-buahan, karbohidrat dan protein di piring kita saat kita makan.

BACA JUGA: 5 Zodiak yang Suka Mengapresiasi dan Menghargai Hal-Hal Terkecil dalam Hidup

Selain komposisi, menjaga kebersihan makanan juga penting dalam segala situasi dan kondisi. Karena sangat mungkin penyebaran virus penyakit apapun bisa menular melalui makanan.

6 Makanan Sehat dan Manfaatnya bagi Tubuh

1. Sayuran

Sayuran merupakan salah satu jenis makanan sehat karena kaya akan nutrisi alami dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berkat nutrisi yang dikandungnya, sayuran juga dapat menurunkan risiko berbagai penyakit kronis.

Jika dijelaskan lebih detail, sayuran kaya akan vitamin, magnesium, kalsium, serat, asam folat, antioksidan, dan potasium yang sangat penting untuk berfungsinya organ tubuh. Seperti yang tertera di laman resmi Promkes Kementerian Kesehatan, makanan sehat ini terdiri dari berbagai warna yang memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh Anda.

Misalnya wortel berwarna oranye yang merupakan sumber vitamin A yang dapat membantu menjaga kesehatan mata. Namun sebagian besar sayuran berwarna hijau dan banyak mengandung vitamin A, C, K, B, potasium, dan serat.

Mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan menjaga berat badan ideal. Anda dapat mengubah sayuran menjadi makanan sehat dengan cara direbus, dikukus, dimasak atau dimakan langsung untuk jenis sayuran tertentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: