7 Tips Memulai Pola Hidup yang Sehat

7 Tips Memulai Pola Hidup yang Sehat

7 Tips Memulai Pola Hidup yang Sehat -Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Rutin melakukan olahraga yang diimbangi dengan konsumsi makanan yang seimbang dapat mengatasi dan mencegah dampak negatif gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu, meningkatnya jumlah harapan hidup juga didapatkan dengan pola hidup sehat. Sebuah studi terbaru menunjukkan bahwa orang-orang diusia pertengahan memiliki jumlah kondisi kesehatan yang kurang dapat memiliki harapan hidup setidaknya 6-7 tahun jika menerapkan pola hidup sehat. 

Hal ini juga didukung oleh data dari National Institute for Health and Care Research yang menunjukkan jika tidak menerapkan pola hidup sehat, mereka akan terkena gangguan kesehatan seperti diabetes, depresi, hingga tekanan darah dalam jangka panjang yang tentunya dapat mengurangi harapan hidup. Dengan melakukan pola hidup sehat dapat mengatasi hal tersebut. 

Studi selanjutnya dari UK Biobank Project juga menunjukkan perhatian 500000 orang yang melakukan pola hidup sehat dapat menambah angka harapan hidup serta berkontribusi dalam kesehatan seperti olahraga yang teratur. Melakukan kebiasaan yang sehat dengan pola hidup sehat dapat membuatmu tidak mudah terkena gangguan kesehatan berbahaya. 

Memulai pola hidup sehat juga membutuhkan konsistensi serta hasil yang tidak akan terlihat secara konstan. Bagaimana cara melakukan pola hidup sehat? Berikut 7 tips pola hidup sehat yang mudah dilakukan berdasarkan informasi dari MedicineNet untuk kamu Sahabat.

1. Makan makanan yang seimbang

Untuk memulai gaya hidup sehat kamu bisa mengubah makananmu menjadi lebih variasi. Kamu bisa menggunakan bahan makanan yang seimbang seperti buah, sayur, dedaunan, kacang, biji-bijian dan gandum utuh.

Makanlah setidaknya 5 kali sehari atau 400 gram secara teratur setiap harinya terutama buah dan sayuran segar. Jika kamu bukan tipe vegetarian, kamu bisa menggantinya dengan asam lemak yang ada pada ikan karena omega 3 nya dapat mencegah terjadinya inflamasi dan gangguan jantung. 

Jangan menggunakan garam: Konsumsi garam sehari harusnya tidak lebih dari 1 gram atau 1 sendok teh. Kurangi garam pada saat menyiapkan makanan.

Mengurangi kadang garam yang menggunakan sodium ini dapat mengurangi risiko terkena tekanan darah tinggi. 

Batasi konsumsi gula: Konsumsi gula sehari harusnya tidak lebih dari 50 gram atau setara dengan 12 sendok teh per harinya.

Kamu bisa mengakalinya dengan menghindari olahan manis seperti snack manis, permen, bahkan olahan minuman dengan pemanis buatan seperti soda.

Dengan membatasi konsumsi gula, kamu akan terhindar dari penyakit seperti diabetes, gangguan jantung, struk, hingga kanker. 

2. Selalu ingat untuk minum air sebanyak 8 gelas sehari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: