Pendidikan di Era Digital Penting untuk Masa Depan

Pendidikan di Era Digital Penting untuk Masa Depan

Mahasiswa Prodi MBKM PGSD A Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon yakni Verra Putri Alfazrin, Viviana, Salaisha Faathira Damaiati yang didampingi oleh dosen pengampu Tria Aditya MPd. -ist-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Era digital merupakan investasi penting untuk masa depan generasi muda. Era digital memungkinkan siswa untuk belajar tentang berbagai topik dan mengembangkan pemahaman yang lebih luas tentang dunia.

Hal tersebutlah yang dikritisi oleh mahasiswa Prodi MBKM PGSD A Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon yakni Verra Putri Alfazrin, Viviana, Salaisha Faathira Damaiati yang didampingi oleh dosen pengampu Tria Aditya MPd.

Dalam keterangannya, Mahasiswa Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon Muhammad Isa Al – Ashr berpendapat bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan oleh mahasiswa untuk mengembangkan literasi digital mereka agar sukses di lingkungan profesional yang semakin terkoneksi secara digital.

"Mahasiswa dapat mengikuti kursus atau pelatihan yang berkaitan dengan teknologi dan literasi digital. Kedua, mahasiswa dapat memanfaatkan sumber daya online seperti e-book, jurnal, dan video tutorial untuk mempelajari lebih lanjut tentang literasi digital," ujar Muhammad Isa Al-Ashr.

BACA JUGA:Pengakuan Pelajar yang Ikut Tawuran di Jl Pemuda Cirebon: Diajak oleh Senior dan Alumni

"Ketiga, mahasiswa dapat mempraktikkan apa yang telah dipelajari dengan mencoba memanfaatkan teknologi dalam kegiatan akademik dan non-akademik, seperti membuat presentasi dan memanfaatkan media sosial untuk membangun jejaring profesional," tambahnya.

Pendidikan di era digital ini pun menuntut mahasiswa untuk kritis. Selain itu, penggunaan teknologi pun dapat lebih fleksibel dan menambah kreativitas dalam pembelajara.  

"Memang dunia digital itu udah tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa kita lepas dari yang namanya kemajuan teknologi. Apalagi di ranah atau di tingkat pendidikan tinggi, yang namanya teknologi itu harus kita selalu pelajari dan harus kita pegang," ungkap Dosen Institut Prima Bangsa (IPB) Cirebon, Virga Putra Darma MPd.

"Melalui teknologi kita dapat mempermudah pekerjaan, mengeksplor inovasi-inovasi baru yang dapat berguna bagi sekitar kita," lanjutnya.

BACA JUGA:Ketua PSSI Angkat Bicara Usai Timnas Indonesia Kalah 1-3 atas Irak di Piala Asia 2023

Namun demikian, teknologi pun memiliki dampak negatif, seperti diantaranya mengakses situs yang tidak sesuai norma atau bahkan menjurus ke arah kriminal itu tentukan akan merugikan para mahasiswa.

"Maka dari itu media pembelajaran dan inovasi pembelajaran menjadi kunci dalam memastikan bahwa pendidikan di era digital mampu memenuhi kebutuhan perkembangan teknologi dan mempersiapkan generasi masa depan," tutupnya. (jer/Opl)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: