Lakukan Pemeliharaan, PLN Upayakan Listrik Andal Selama Arus Balik Nataru

Lakukan Pemeliharaan, PLN Upayakan Listrik Andal Selama Arus Balik Nataru

- PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon berkomitmen memastikan keandalan sistem ketenagalistrikan di sistem transmisi selama arus balik Nataru.-istimewa-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -  PT PLN (Persero) melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Cirebon berkomitmen memastikan keandalan sistem ketenagalistrikan di sistem transmisi selama arus balik Nataru.

Manager PLN UPT Cirebon, Yaya Supriman atau yang akrab disapa Yaya, menjelaskan untuk menjaga keandalam sistem transmisi, UPT Cirebon secara rutin melaksanakan pemeliharaan pada jaringan dan gardu induk.

"Melalui pemeliharaan rutin, diharapkan anomali-anomali pada jaringan dan gardu induk  dapat termonitor dan tertangani sehingga mengurangi risiko kerusakan serta dampak kerugian bagi para pelanggan”, kata Yaya.

Yaya merinci kegiatan-kegiatan pemeliharaan dan perbaikan anomali sistem transmisi selama periode Siaga Nataru 2024 di wilayah UPT Cirebon, antara lain: penggantian isolator, penggantian relay, perbaikan hot spot, perbaikan sistem pentanahan (Grounding) dan lain-lain.

BACA JUGA:Jawa Barat dan BRAC International Jajaki Kerja Sama Tanggulangi Kemiskinan Ekstrem

“Beberapa kegiatan pemeliharaan dan perbaikan anomali dilaksanakan tanpa pemadaman dengan mengoptimalkan personil Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan atau PDKB, diantaranya perbaikan hotspot pada span T.56 - T.57 SUTT 150kV Tasikmalaya - Ciamis berhasil dilakukan perbaikan tanpa padam oleh pada tanggal 21 Desember 2023,” terang Yaya.

Yaya menjelaskan Pemeliharaan berbasis PDKB memberikan kenyamanan kepada pelanggan karena pasokan listrik yang tidak terganggu.

“Mengingat tingginya risiko pelaksanaan pemeliharaan tanpa padam, personil PDKB wajib mematuhi prosedur keselamatan kerja dan memastikan peralatan berfungsi dan aman”, terang Yaya

General Manager UIT JBT, Tejo Wihardiono menegaskan bahwa PT PLN (Persero) akan terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan menyediakan pasokan listrik yang andal.

BACA JUGA:Menteri Koperasi & UKM Apresiasi Desa BRILiaN Jadi Terobosan Pengembangan Potensi Desa

“Pemeliharaan dan perbaikan pada jaringan dan gardu induk mayoritas merupakan tindakan preventif untuk mengurangi risiko terjadinya gangguan sekaligus meningkatkan keandalan sistem transmisi yang berdampak tertanggungnya keandalan pasokan listrik”, terang Tejo Wihardiono.(wyh/adv)



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: