Mengejutkan, Ternyata Ini 5 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Fisik dan Mental

Mengejutkan, Ternyata Ini 5 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Fisik dan Mental

-Foto: Istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Ketahuilah! Artikel ini akan mengulas manfaat memelihaara kucing; simak sampai selesai! kucing merupakan salah satu hewan yang sering dipelihara oleh manusia. Hewan peliharaan yang ini berasal dari ras dan jenis yang berbeda-beda. Beberapa kucing populer antara lain Persia, Angora Turki, Maine Coon, Skotlandia, dll.

Terkadang tingkah lucu kucing seringkali membuat kita senang. Bentuk fisik kucing yang kecil dan berbulu membuat kita bersemangat untuk memeluk atau sekedar membelai tubuhnya. Sayangnya, sebagian orang menganggap memelihara kucing tidak baik untuk kesehatan, apalagi bagi kesehatan wanita. 

Kucing dipercaya dapat menyebarkan toksoplasmosis yang dapat menyebabkan kematian janin bahkan kemandulan. Sebenarnya memelihara kucing mempunyai beberapa keuntungan yang bisa kita rasakan. Manfaat memelihara kucing tidak hanya berkaitan dengan hobi dan kepuasan diri saja.

Memelihara kucing juga menawarkan manfaat ilmiah lain yang baik bagi kesehatan fisik dan mental. Apakah kamu tidak percaya? Apa manfaat kucing bagi manusia? Yuk simak penjelasannya!

BACA JUGA:Indonesia Bisa Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023 Sebelum Bertemu Jepang, ini Syaratnya

5 Manfaat Memelihara Kucing bagi Kesehatan Fisik dan Mental

1. Mengurangi Stress

Manfaat memelihara kucing yang pertama adalah membantu menghilangkan stres. Saat kita memelihara kucing, kita menghabiskan lebih banyak waktu dengan kucing tersebut dan kemudian otak melepaskan hormon oksitosin. Hormon oksitosin ini menimbulkan perasaan damai dan rileks.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Menurut penelitian National Institutes of Health, anak di bawah usia satu tahun kecil kemungkinannya terkena alergi akibat kontak dengan kucing. Kucing dapat meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah alergi yang dapat menyerang tubuh.

3. Pencegahan penyakit jantung

Memelihara kucing mempunyai efek menenangkan yang positif. Dengan kasih sayang tersebut, kucing mampu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Itu sebabnya orang yang memelihara kucing memiliki risiko serangan jantung 30 persen lebih rendah dibandingkan orang yang tidak memiliki kucing.

BACA JUGA:Hukuman untuk Kepala Desa dan Perangkat Desa yang Terlibat Politik Praktis, Termasuk BPD

4. Mengurangi tekanan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: