5 Ciri-Ciri Benjolan di Leher yang Sama Sekali Tidak Membahayakan

5 Ciri-Ciri Benjolan di Leher yang Sama Sekali Tidak Membahayakan

5 Ciri-Ciri Benjolan di Leher yang Sama Sekali Tidak Membahayakan-Foto : Ist-

Tekstur benjolan di leher memang bisa bervariasi sesuai dengan penyebabnya. Namun, sebagian besar benjolan di leher yang tidak berbahaya memiliki tekstur lunak atau kenyal.

Ciri-ciri benjolan di leher yang tidak berbahaya ini disebabkan oleh adanya cairan maupun jaringan lunak di dalam benjolan tersebut.

Sementara itu, benjolan di leher yang berbahaya biasanya memiliki tekstur lebih keras bila disentuh karena pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di area leher.

BACA JUGA:Upaya Polsek Plered Tekan Kenakalan Remaja

4. Dapat digerakkan

Ciri-ciri benjolan di leher yang tidak berbahaya lainnya adalah bisa digerakkan. Contohnya adalah benjolan di leher yang disebabkan oleh lipoma.

Benjolan yang tumbuh di bawah kulit leher karena pembelahan sel lemak secara berlebih ini dapat dengan mudah digerakkan atau sedikit berpindah tempat ketika menelan.

Sebaliknya, benjolan yang berbahaya umumnya tidak bisa digerakkan meski sudah didorong dengan keras.

5. Ukurannya tidak membesar secara signifikan

Benjolan di leher memang tidak akan menghilang, tetapi ukurannya pun tidak akan membesar secara signifikan dalam waktu singkat bila sifatnya tidak berbahaya.

Bahkan, beberapa benjolan di leher, seperti yang disebabkan oleh kista, terkadang tidak memerlukan penanganan medis.

Sementara itu, benjolan yang bersifat kanker biasanya akan bertambah besar dalam waktu singkat.

Itulah tadi beberapa ciri-ciri benjolan di leher yang tidak berbahaya yang perlu Anda ketahui. Jadi, jangan langsung panik ketika mengalami benjolan di leher.

Anda hanya perlu mengenali ciri-cirinya, sekaligus menilai risiko bahaya dari benjolan di leher Anda sedini mungkin sehingga bisa segera ditangani.

Jika benjolan di leher tidak hilang dalam waktu 2 minggu atau makin besar dengan cepat, bahkan disertai dengan kesulitan menelan atau suara serak, jangan menunda untuk memeriksakan diri anda ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: