Apa yang membuat Berat Badan Bertambah, Kalori atau Karbohidrat?

Apa yang membuat Berat Badan Bertambah, Kalori atau Karbohidrat?

-Foto: Istimewa -radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Apa yang membuat berat badan bertambah, kalori atau karbohidrat? Secara umum, karbohidrat selalu dianggap sebagai penyebab penambahan berat badan. Dalam hipotesis ini, berarti untuk menguranginya, Anda perlu mengurangi konsumsi karbohidrat

Misalnya, jangan makan nasi. Sekaligus juga ada anjuran bahwa cara tercepat menurunkan berat badan adalah dengan menghitung dan mengurangi kalori yang masuk ke dalam tubuh. Mengutip Scientific Americana, obesitas, kegemukan atau kelebihan berat badan bisa terjadi karena ketidakseimbangan energi antara kalori yang dikonsumsi dan kalori yang dikeluarkan.

Sederhananya, kamu makan terlalu banyak dan kurang bergerak. Artinya kalori dari protein, karbohidrat atau bahkan lemak yang dimakan tidak tercerna dengan baik. Kondisi ini bisa menyebabkan penambahan berat badan, bahkan bisa obesitas.

BACA JUGA:Pelaku Pembunuhan di Susukan Cirebon Terancam Penjara Seumur Hidup, Berikut Ini Kronologi Kasusnya

Contohnya adalah anjuran makan rendah kalori saat program penurunan berat badan. Pada saat yang sama, meskipun karbohidrat sering dikaitkan dengan kadar lemak, karbohidrat tidak secara langsung bertanggung jawab terhadap penurunan berat badan.

Meski demikian, Anda tetap diperkenankan untuk mengurangi konsumsi karbohidrat dalam batas wajar, seperti nasi. Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa karbohidrat dan kalori sama-sama berperan penting dalam proses penurunan berat badan. 

Keduanya bisa menyebabkan penambahan berat badan jika dikonsumsi berlebihan. Satu-satunya cara mencegah penambahan berat badan adalah dengan membakar kalori setidaknya sebanyak yang Anda konsumsi. 

Rata-rata wanita membakar sekitar 2 ribu kalori sehari melalui fungsi tubuh dan aktivitas fisik. Sementara itu, rata-rata pria membakar sekitar 2.500 kalori dalam sehari. Hal ini karena ketika lebih banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh daripada yang dibakar, maka kalori tersebut disimpan sebagai lemak.

BACA JUGA:6 Bahaya Jika Mencium Bayi di Sembarang Bagian yang Jarang Diketahui

Demikian penjelasan tentang apa yang membuat berat badan bertambah. Semoga membantu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: