Begini Cara Panwascam Kejaksan Beri Pemahaman ke PTPS Soal Tugas dan Wewenangnya Saat Pelaksanaan Pemilu 2024

Begini Cara Panwascam Kejaksan Beri Pemahaman ke PTPS Soal Tugas dan Wewenangnya Saat Pelaksanaan Pemilu 2024

Panwascam Kejaksan berinisiatif membuat maket area Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan skala 1:800, Rabu 24 Januari 2024.-DEDI HARYADI-RADARCIREBON.COM

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) berkewajiban memberikan pemahaman kepada para petugas Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) terkait tugas dan wewenang selama mereka bertugas satu bulan dalam masa kerja.

Guna memberikan pemahaman kepada para petugas PTPS, Panwascam Kejaksan berinisiatif membuat maket area Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan skala 1:800.

Dengan bentuk 3 dimensi, Panwascam Kejaksan membuat sebuah maket, yang didesain sama persis dengan kondisi TPS nanti. 

BACA JUGA:Ratusan Emak-emak di Kabupaten Cirebon Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

BACA JUGA:Menang 3-1 Saat Lawan Indonesia, Jepang Lolos 16 Besar Piala Asia 2023 Qatar

BACA JUGA:Ketum Partai Golkar Instruksikan Kadernya di Cirebon dan Indramayu Untuk Menangkan Prabowo-Gibran

Mulai dari posisi setiap petugas, ada keterangan waktu pencoblosan, posisi tempat menunggu calon pemilih hinhga alurnya.

"Kami membuat maket TPS ini atas inisiatif sendiri (Panwascam Kejaksan) dengan tujuan untuk menjelaskan kepada PTPS agar mudah dipahami," ungkap Ketua Panwascam Kejaksan, Subagio ditemui radarcirebon.com, Rabu 24 Januari 2024.

Dijelaskan Subagio, alat peraga dalam memberikan pemahaman tupoksi kepada para petugas PTPS sudah ada dalam ketentuannya dalam bentuk denah, sehingga perlu agak lama untuk memahamkan para petugas PTPS.

BACA JUGA:Pemprov Jabar Usung Pemerataan Pembangunan pada RPJMD 2025-2030

BACA JUGA:Naik Kelas Bersama Rumah BUMN, BRI Sukses Berdayakan Lebih dari 400 Ribu UMKM

BACA JUGA:4 Cara Menghentikan Kucing Buang Air Besar di Halaman Rumah

"Kita hanya dapat denah. Kalau hanya denah, menurut kami kurang bisa dipahami oleh PTPS.  Kalau dengan maket ini, mereka akan langsung paham. Kemarin ada simulasi, saya coba jelaskan pakai maket ini, mereka langsung paham," jelasnya.

Subagio menuturkan, Panwascam Kejaksan sudah mengagendakan setiap hari dijadwalkan ada 10 petugas PTPS yang mendapatkan bimtek di kantor sekretariat Panwascam Kejaksan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase