7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah

7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah

7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah-Foto : Ist-

BACA JUGA:Ratusan Emak-emak di Kabupaten Cirebon Siap Menangkan Ganjar-Mahfud

4. Jangan Tempatkan di Ruangan Gelap

Ketika sirih gading yang ditempatkan di ruangan atau sudut gelap, daun tumbuhan akan kehilangan variegasinya. Sehingga proses pertumbuhan dan kesehatan dari tanaman sirih gading akan terganggu.

5. Jaga Suhu Ruangan 

Tanaman ini sangat menikmati kelembaban dengan suhu tinggi sekitar 21-23 derajat celcius. Jadi jika ingin merawat tanaman ini, silahkan pastikan terlebih dahulu ruangan tempa Anda akan menempatkan sirih gading ada di kisaran suhu ini.

Tanaman photos ini masih bisa menahan suhu rendah 10 derajat celcius. Tapi jika suhu sudah di bawah itu, tanaman sirih gading akan menderita pertumbuhan kerdil dan daunnya pun berubah menjadi hitam.

6. Siram Air Saat Tanah Kering

Tanaman sirih gading tetap membutuhkan air tetapi dalam jumlah yang tepat. Jika menerima terlalu banyak air, daun tanaman akan terlihat lemas dan layu bahkan hingga berubah warna menjadi kuning.

Mengapa demikian? Karena tanaman ini adalah tanaman yang rentan terhadap akar busuk jika terlalu dibiarkan berada di tanah yang tergenang air.

Sebaliknya, jika tanaman terlalu sedikit menerima air juga bisa berdampak buruk. Ini bisa menyebabkan daun photos akhirnya melengkung, kemudian menjadi lemas dan pada akhirnya daun akan rontok.

Untuk meminimalkan risiko-risiko tersebut, biarkanlah tanah tanaman mengering di antara penyiraman. Akar bisa tetap lembab tapi sebaiknya tidak dibiarkan direndam. Setelah disiram, silahkan mengosongkan piring di bawah pot untuk mengurangi potensi akar busuk.

Maka dari itu, akan lebih baik jika merencanakan jadwal penyiraman. Ketika 2 inci tanah bagian atas mengering, Anda bisa menyiramnya lagi.

7. Beri Pupuk Tiap 2-3 Bulan

Sebenarnya, sirih gading dapat tetap tumbuh dengan baik tanpa pupuk jika sudah ditanam dalam pot yang menggunakan tanah layak. Namun, memberinya pupuk setiap 2-3 bulan selama musim tanam akan mengoptimalkan tingkat pertumbuhannya.

Pupuk yang ideal adalah pupuk rumah tangga yang seimbang dan larut di dalam air. Jika masih belum yakin, silahkan mengujinya terlebih dahulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: