7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah

7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah

7 Cara Agar Tanaman Sirih Gading Dapat Tumbuh Lebih Cepat di Pekarangan Rumah-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Sirih gading atau yang memiliki nama lain pothos adalah salah satu tanaman hias yang populer.

Tanaman merambat ini memiliki bentuk cantik dan mampu menyerap racun dan polusi udara di ruangan. Karena itu, tanaman ini sangat populer sebagai jenis tanaman indoor atau dalam ruangan. 

7 Cara Merawat Sirih Gading Agar Cepat Tumbuh

Selain dari manfaatnya, tanaman hias satu ini memang sangat cocok untuk dijadikan dekorasi rumah. Agar tampil dengan cantik dan memukau di dalam rumah, lakukan perawatan tanaman yang baik dan benar. Karena cara Anda merawatnya akan berpengaruh seberapa cepat tanaman ini akan tumbuh.

1. Cek Kondisi Tanaman Sejak Awal

Perhatikan kondisi tanaman sejak pertama kali Anda membawanya ke rumah. Jika membelinya saat masih muda dan kecil, letakkan di pot yang kecil. Tetapi jika sirih gading sudah mulai tumbuh, ganti juga pot tanaman atau repotting.

Sirih gading dapat ditanam di wadah yang berisi air, namun akar tanaman tersebut akan bereaksi negatif jika ditanam di tanah dalam pot tapi disiram air secara berlebihan. Sirih gading akan tetap tumbuh jika di tanam di dalam air, namun tidak secepat ketika ditanam di tanah.

2. Pilih Tanah Pot Yang Baik

Jika ingin tanaman sirih gading mu cepat tumbuh, gunakan tanah pot standar yang memiliki drainase baik. Campuran tanah pot yang bagus akan membuat photos atau sirih gading tumbuh dengan subur.

Sirih gading akan menikmati pH tanah di angka 6,1 sampai 6,5, tetapi jika pH tanah sedikit di luar kisaran tersebut pun tidak akan terlalu banyak timbul reaksi yang merugikan.

3. Pastikan Terkena Sinar Matahari, Tapi Tidak Langsung!

Sirih gading membutuhkan keseimbangan cahaya. Mereka membutuhkan cahaya yang terang, namun tidak bisa menahan sinar matahari secara langsung terlalu lama karena daunnya akan mudah terbakar.

Lalu bagaimana caranya agar tanaman tetap mendapatkan sinar matahari yang terang? Anda bisa meletakkannya di posisi dekat jendela.

Sehingga tanaman bisa menikmati cahaya terang dari matahari secara tidak langsung. Tapi tetap harus diperhatikan agar tidak terlalu banyak terkena sinar matahari, ya! Karena jika terlalu banyak menerima sinar matahari, daun sirih gading akan mulai terlihat pucat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: