5 Manfaat Memiliki Tanaman Sirih Gading Tanaman Hias yang Mampu Membersihkan Pekarangan Rumah dari Polutan

5 Manfaat Memiliki Tanaman Sirih Gading Tanaman Hias yang Mampu Membersihkan Pekarangan Rumah dari Polutan

5 Manfaat Memiliki Tanaman Sirih Gading Tanaman Hias yang Mampu Membersihkan Pekarangan Rumah dari Polutan-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Sirih gading merupakan jenis tanaman merambat yang biasa dijadikan sebagai penghias ruangan atau pekarangan rumah.

Ciri khas tanaman ini adalah bentuk daunnya yang menyerupai hati dengan motif seperti batu marmer dan gradasi warna daun kekuningan. 

Mengutip Buku Pintar: Tumbuhan oleh Jumanta (2019: 91), sirih gading memiliki kemampuan adaptasi yang baik. Tanaman ini dapat hidup di lingkungan sejuk, panas, hingga ruangan ber-AC.

Selain itu, sirih gading juga dapat hidup di ruangan yang sangat gelap maupun terang, tidak terlalu bergantung pada sinar matahari. Namun, sebaiknya tanaman ini tetap dipelihara di tempat dengan sinar matahari yang cukup.

Semakin banyak sinar matahari yang diterima sirih gading, ukuran helai daunnya akan semakin besar. Gradasi warna daunnya juga dapat berubah sesuai banyaknya sinar matahari yang diterima. 

Selain sebagai tanaman merambat, sirih gading juga dapat digunakan sebagai tanaman pot gantung karena batangnya yang langsing penuh daun. Bila ditanam di tanah yang rata, batangnya cenderung tumbuh membesar ke atas, demikian pula daun-daunnya.

5 Manfaat Memiliki Tanaman Sirih Gading di Pekarangan Rumah

Sirih gading merupakan tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan khusus sehingga digemari banyak orang. Bahkan, tanpa disiram atau tidak mendapat sinar matahari dalam waktu yang cukup lama, tanaman ini masih bisa tumbuh subur.

Selain sebagai penghias rumah, sirih gading juga memiliki berbagai manfaat. Berikut beberapa manfaat sirih gading yang dikutip dari beragam sumber.

1. Membersihkan Udara 

Sirih gading dikenal dengan manfaatnya sebagai tanaman hias yang mampu membersihkan udara dari polutan. Menurut Steemit, sirih gading berkontribusi dalam mengurangi polusi dan meningkatkan kualitas udara di sekitar lingkungan tempat tanaman ini tumbuh. 

2. Menyerap Racun Berbahaya

Sirih gading juga mampu menyerap berbagai racun berbahaya yang dihasilkan oleh polusi udara. Mengutip Generasi Milenial Cinta Lingkungan oleh Victoria Kristina Ananingsih (2021: 168), daun-daun sirih gading memiliki daya serap tinggi terhadap racun di udara. 

Bukan hanya racun akibat polusi, daun-daun tanaman ini juga mampu menyerap racun yang dihasilkan oleh cat dinding, cat kayu, dan lainnya. Sisa semprotan pembasmi nyamuk hingga pewangi ruangan juga bisa diserap oleh tanaman ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: