Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Bagaimana Pula untuk Mengatasinya

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Bagaimana Pula untuk Mengatasinya

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan dan Cara Bagaimana Pula untuk Mengatasinya-Foto : Ist-

RADARCIREBON.COM Sakit perut adalah salah satu kondisi kesehatan yang umum terjadi. Kondisi ini umumnya terjadi akibat adanya gangguan pencernaan. Namun jika secara spesifik sakit perut sebelah kanan, maka kamu perlu waspada.

Khususnya pada wanita, sakit perut sebelah kanan perlu kamu waspadai. Sebab, kondisi ini bisa terjadi akibat berbagai masalah medis yang berbeda, mulai dari infeksi hingga gangguan usus.

Maka itu, ketahui berbagai pemicunya dan cara mengatasi kondisi ini agar kondisi kesehatan dapat membaik secara optimal.

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah pada Wanita

Perut bagian bawah seorang wanita memiliki dua organ utama, termasuk rahim dan bagian dari usus.

Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab sakit perut sebelah kanan bawah pada wanita: 

1. Nyeri haid

Nyeri haid biasanya berupa nyeri kram, tumpul, atau kencang di tengah perut bagian bawah.Kondisi ini terkadang menyebar lebih jauh ke punggung bawah sehingga bisa menyebabkan ketidaknyamanan.

Biasanya, kondisi ini bisa kamu atasi dengan mengompres menggunakan botol panas atau obat penghilang rasa sakit seperti parasetamol dan ibuprofen.

2. Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih dapat menyebabkan sakit perut sebelah kanan bagian bawah pada wanita.

ISK juga bisa menyebabkan gejala lain seperti sensasi terbakar saat buang air kecil, atau intensitas ke kamar mandi yang terlalu sering untuk berkemih. 

Selain itu, Infeksi saluran kemih ringan seperti sistitis sering hilang dengan sendirinya jika kamu minum banyak cairan.

Akan tetapi, ISK yang lebih persisten mungkin memerlukan pengobatan yang tepat. Jangan panik, Ini Hal yang Perlu Dilakukan Bila Sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: