5 Bahaya Nya Apabila Anda Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

5 Bahaya Nya Apabila Anda Memiliki Kadar Kolesterol Tinggi

Kolesterol-Foto : nutrivenutrition.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Kolesterol yang terlampau tinggi dalam tubuh, adalah ancaman nyata bagi kesehatan tubuh.

Tingginya kolesterol bisa memicu penyakit jantung. Jika hal ini tidak diatasi dengan sesegera mungkin, ini bisa meningkatkan risiko kematian mendadak.

Kolesterol yang tinggi sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari pola hidup buruk, pemilihan makanan sehari-hari yang kurang tepat, stres dan kecemasan, kurangnya aktivitas fisik atau gerak tubuh dan masih banyak lagi. 

Saat tubuh terlanjur mengalami kenaikan kolesterol, para ahli percaya jika akan ada beberapa bahaya yang mengintai. Dari laman prevention.com, inilah beberapa bahaya dari tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. 

1. Penyumbatan Pembuluh Darah

Bahaya pertama ada penyumbatan pembuluh darah. Kolesterol tinggi bisa menyebabkan penumpukan plak di dalam pembuluh darah.

Hal ini bisa meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah. Ini akan meningkatkan risiko aterosklerosis, suatu kondisi di mana pembuluh darah menjadi keras dan berkurang elastis.

Dan jika hal ini tidak segera diatasi atau dicegah, ini bisa memicu serangan jantung, stroke hingga kematian mendadak. 

2. Lebih Gampang Risiko Terkena Penyakit Jantung

Aterosklerosis yang disebabkan oleh kolesterol tinggi bisa menyebabkan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Plak di pembuluh darah cenderung menyebabkan sumbatan yang menghentikan aliran darah ke jantung atau otak. Tentunya hal ini sangat berbahaya. 

3.Tekanan Darah Lebih Tinggi

Kolesterol tinggi juga bisa memengaruhi tekanan darah. Karena plak di pembuluh darah bisa menghambat aliran darah, ini akan memicu risiko tekanan darah tinggi.

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama untuk penyakit jantung dan stroke. Ini juga pemicu beragam masalah kesehatan lain yang tidak hanya mengganggu tetapi meningkatkan risiko kematian. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: