Tenaga Honorer Tinggal 1.300, Kota Cirebon Masih Tunggu Kuota CASN Formasi 2024

Tenaga Honorer Tinggal 1.300, Kota Cirebon Masih Tunggu Kuota CASN Formasi 2024

Tenaga Honorer Tinggal 1.300 di Cirebon-ilustrasi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Pemerintah berencana membuka seleksi 2,3 juta calon aparatur sipil negara (CASN) se-Indonesia di tahu. 2024 ini. Terdiri dari tenaga Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Pemerintah kota (Pemkot) Cirebon masih menunggu jumlah kuota formasi yang diberikan pemerintah pusat.
Termasuk, apakah formasi yang diberikan apakah ada lowongan untuk CPNS, atau hanya PPPK seperti lowongan yang dibuka pemkot dua tahun terakhir ini.

Meski demikian, fokus yang dilakukan Pemkot Cirebon adalah menuntaskan sisa tenaga non ASN yang sudah mengabdi di seluruh perangkat daerah, untuk mendapatkan peluang formasi yang ditekuni para non ASN tersebut, agar dapat dibuka lowongan seleksinya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Cirebon Dra Sri Lakshmi Stanyawati MSi mengungkapkan, Pemkot Cirebon saat ini sedang mengusulkan kebutuhan formasi ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara & Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

BACA JUGA:Gagalkan Tawuran, Polisi Amankan 2 Pemuda Membawa Sajam

Kepala BKPSDM Kota Cirebon Dra Sri Lakhsmi Stanyawati MSi mengatakan, dari data yang terdaftar database BKN, tenaga non ASN Kota Cirebon berjumlah 1.945 orang.

Menurutnya angka tersebut berkurang, karena ada banyak yang sudah lolos seleksi dan diangkat menjadi PPPK pada 2022 dan 2023 lalu.

“Rencananya pemerintah memang akan membuka tiga kali seleksi CPNS/PPPK di tahun ini. Tapi itu bergantung pada kesiapan daerah untuk melaksanakan,” ujarnya Jumat (2/2).

Menurutnya, BKPSDM masih mencocokkan data tenaga non ASN dengan jumlah tenaga honorer yang sudah lolos mengikuti seleksi PPPK beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Pj Walikota Cirebon Olahraga Bersama Forkopimda Kuatkan Sinergitas dan Kondusifitas Jelang Pemilu 2024

“Sisa tenaga honorer saat ini tinggal 1.300 lebih sedikit. Kami masih bergerak mengusulkan jumlah kebutuhan ke Kemenpan,” katanya.

Dia berharap pemerintah pusat benar-benar bisa mengentaskan semua jumlah tenaga honorer di lingkungan pemerintah Kota Cirebon.

“Harapannya tahun ini tenaga honorer bisa diselesaikan. Tapi kami akan lihat kuota dari Kemenpan untuk CPNS dan PPPK untuk Kota Cirebon berapa,” imbuhnya. (azs)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: