KPw BI Cirebon di 2024, Fokus Pengendalian Inflasi dan Perlindungan Konsumen

KPw BI Cirebon di 2024, Fokus Pengendalian Inflasi dan Perlindungan Konsumen

Kepala KPw BI Cirebon yang baru, Anton Pitono saat diwawancarai di Kantor Perwakilan Bank Indonesia beberapa waktu lalu, -APRIDISTA SITI RAMDHANI-RADAR CIREBON

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Menyongsong tahun 2024, pengendalian inflasi dan perlindungan konsumen akan menjadi fokus utama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Cirebon.

Hal ini dituturkan oleh Kepala KPw BI Cirebon yang baru, Anton Pitono, beberapa waktu lalu.

Anton menuturkan inflasi menjadi perhatian utama KPw BI Cirebon di tahun ini. Harga keburuhan barang pokok di masyarakat harus senantiasa terkendali.

KPw Bi Cirebon akan memastikan stabilitas harga dengan mengordinasikannya bersama instansi atau pemerintahan daerah setempat.

BACA JUGA:Warga Desa Kepompongan DPO Polisi, Terlibat Pembobolan Minimarket

BACA JUGA:Ada Libur Pemilu 2024, Pengusaha Diminta Izinkan Pekerja Gunakan Hak Suara di TPS

"Bersama TPID kami akan memonitor stabilitas harga kebutuhan bahan pokok," ungkapnya.

KPw BI Cirebon juga akan memonitori dari sisi kontributor inflasi tersebut. BI akan mengordinasikan pengendalian inflasi dan satgas pangan bersama dengan TPID.

Hal ini menjadi bagian dari fungsi Bank Indonesia bersama Pemda dalam mengendalikan harga di daerah setempat.

"Kami juga akan memantai para pelaku lainnya seperti petani dan pesantren yang memiliki andil dan angka utama pada inflasi tersebut," jelasnya.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Lolos Semi Final, Tantang Thailand di AFC eAsian Cup 2023

BACA JUGA:Cuaca Tak Menentu, Kenali Pengaruh Buruknya Pada Kondisi Mobil

Selain inflasi, hal lain yang menjadi fokus utama BI di tahun ini adalah bersinergi sesuai dengan amanah  Undang-undang (UU) Nomor 4 tahun 2023 terkait Pengembangan dan Pengaturan Sektor Keuangan (UU P2SK) yang baru.

Selaku orotitas sistem pembayaran, BI harus masuk dalam perlindungan konsumen. Oleh karena itu, pihaknya akan terus bersinergi dengan Perbankan dan indusrti dalam hal sistem pembayaran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: