6 Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam

6 Manfaat Memelihara Kucing dalam Islam

Memelihara Kucing-Foto : www.islampos.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Umat muslim diperintahkan untuk senantiasa menyayangi dan mencintai makhluk ciptaan Allah SWT, bukan hanya manusia melainkan juga terhadap hewan, termasuk kucing. Sebagaimana yang tertulis dalam hadis berikut:

“Barangsiapa menyayangi meskipun terhadap hewan sembelihan, niscaya Allah akan merahmatinya pada hari kiamat.” (HR. Bukhari).

Di antara banyak hewan di dunia, Rasulullah SAW sangat menyukai kucing. Suatu hari, kucing-kucing itu tidur dalam jubah yang akan dipakai Nabi untuk sholat. Tapi dia memilih memakai jubah lain agar kucingnya tidak dibangunkan. 

Kucing adalah hewan yang sangat bersih dan murni. Menurut riwayat-riwayat shahih, seseorang boleh berwudhu untuk shalat dengan air yang sama dengan air yang diminum kucing. Dengan syarat tidak ada kotoran yang terlihat pada mulut kucing.

Manfaat Memelihara Kucing Menurut Pandangan Islam

1. Mendapatkan pahala dari Allah SWT

Kucing adalah salah satu hewan yang disayangi Rasulullah, sehingga Allah SWT pun menyayanginya. Barangsiapa memberi makan kucing dan merawatnya dengan baik, dia melakukan perbuatan baik dan dengan demikian dia akan diberi pahala oleh Allah SWT.

2. Menumbuhkan rasa empati

Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dapat menumbuhkan rasa empati yang tinggi. Ketika memiliki hewan peliharaan, seseorang akan mencoba untuk mengerti apa yang dirasakan hewan tersebut. Maka, ketika seseorang telah berempati terhadap hewan, tentu akan memiliki rasa empati kepada sesama.

3. Diampuni dosanya

Hal ini diceritakan dalam sebuah riwayat hadis:

“Seorang wanita pelacur melihat seekor anjing di atas sumur dan hampir mati karena kehausan. Lalu wanita itu melepas sepatunya, diikatnya dengan kerudungnya dan mengambil air dari sumur (lalu diminumkan ke anjing itu). Dengan perbuatannya itu maka dosanya diampuni.” (HR. Bukhari)

Dalam hadis tersebut dijelaskan bahwa seseorang yang memelihara hewan dengan sepenuh hati, Allah SWT akan mengampuni dosanya karena telah merawat dan mencintai hewan-hewan tersebut.

BACA JUGA:Tol Cipali Siapkan Contra Flow hingga Minggu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: