Banjir di Kalijaga Kota Cirebon, Warga Sempat Mengungsi

Banjir di Kalijaga Kota Cirebon, Warga Sempat Mengungsi

Aktivitas warga terganggu akibat banjir di Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon. Foto:-Istimewa-Radarcirebon.com

Banjir di Kalijaga Kota Cirebon, Warga Sempat Mengungsi

RADARCIREBON.COM - Banjir menyebabkan pemukiman warga di Kelurahan Kalijaga, Kecamatan Harjamukti, Kota Cirebon tergenang air, Minggu 11 Februari 2024.

Warga sempat diungsikan untuk sementara akibat banjir setinggi kurang lebih 60 sentimeter sampai dengan 90 sentimeter. 

Aktivitas warga juga terganggu akibat genangan air yang mencapai ke pemukiman dan merendam jalan sehingga tidak dapat dilalui oleh kendaraan.

Adapun rumah yang terdampak paling parah kurang lebih ada 75 rumah dengan kerugian ditaksir mencapai Rp27 juta.

BACA JUGA:Penyebab Banjir di Kalijaga Kota Cirebon, Bukan Hanya Kiriman dari Kuningan

BACA JUGA:Bantah Polri Tidak Netral di Pemilu 2024, Brigjen Trunoyudo Jelaskan Soal Informasi Hoax

Berdasarkan pemantauan BPBD Kota Cirebon di lokasi kejadian, banjir di Kelurahan Kalijaga, Kota Cirebon, diduga akibat akibat hujan dengan intensitas tinggi selama kurang lebih 3 jam dan limpahan air dari hulu sungai cikalong.

Kawasan yang terdampak banjir di Kalijaga antara lain RT 08 RW 03 dengan jumlah 90 KK atau 300 jiwa, RT 07 RW 03dengan 60 KK atau 240 jiwa. Total mencapai 540 jiwa, berdasarkan data dari pihak RT/RW setempat.

Adapun BPBD Kota Cirebon telah melakukan pendataan atau assesment kejadian, melakukan koordinasi dengan unsur terkait serta mengevakuasi sementara warga ke tempat yang aman.

Beruntung, banjir tidak berlangsung lama. Air sudah surut pada pukul 20.30 WIB. Jalan sudah dapat dilalui kembali kendaraan.

Dengan demikian, warga yang sempat diungsikan bisa kembali ke rumah masing-masing. Warga mulai membersihkan rumah akibat tergenang air banjir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: