Ini Dia 5 Pilihan Obat-obatan yang Paling Ampuh untuk Meredakan Gatal-gatal di Kemaluan

Ini Dia 5 Pilihan Obat-obatan yang Paling Ampuh untuk Meredakan Gatal-gatal di Kemaluan

Gatal Di Bagian Kemaluan-Foto : www.alodokter.com-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM Gatal di area kemaluan dapat terjadi karena alergi, sehingga menimbulkan sensasi yang tidak nyaman pada bagian kemaluan. Alergi dapat dipicu oleh reaksi alergi terhadap sabun, deterjen, atau bahan pakaian tertentu. 

Gatal di area kemaluam biasanya bukan merupakan perkara serius karena dapat membaik dalam beberapa hari. Namun, harus diwaspadai gejalanya jika gatal disertai dengan ruam dan keluarnya cairan dari vagina atau penis.

Sebelum gatal di area kemaluan menjadi semakin parah, di bawah ini beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu pakai untuk mengatasi keluhan tersebut!

Rekomendasi Obat untuk Mengatasi Gatal-Gatal di Kemaluan 

Gatal di kemaluan dapat terjadi karena infeksi bakteri atau jamur dan iritasi atau reaksi alergi akibat bahan kimia. Masalah ini juga rentan terjadi saat menopause akibat menurunnya kadar estrogen di dalam tubuh.

Penyebab lain yang juga turut andil sebagai pemicunya, yaitu psoriasis dan lichen sclerosus. Tandanya adalah bercak putih tipis pada vulva di sekitar lubang vagina dan bisa meningkatkan risiko kanker.

Untuk menurunkan risiko hal-hal yang membahayakan, gatal di area kemaluan perlu diatasi dengan langkah perawatan yang tepat. Beberapa rekomendasi obat gatal di kemaluan di apotik, antara lain:

1. Nystatin 500000 IU 10 Tablet

Nystatin 500000 IU adalah obat antijamur yang berisi 10 tablet per strip. Obat gatal kemaluan ini tak hanya mengatasi gatal di area kemaluan, tetapi juga mengobati infeksi di mulut, kerongkongan, dan saluran pencernaan.

Nystatin bekerja dengan cara mengganggu permeabilitas dinding sel jamur dan menyebabkan kematian jamur. Cara menggunakannya dengan berkumur dan tahan di mulut kemudian telan.

Nystatin bisa kamu konsumsi sebelum dan sesudah makan, sesuai dengan resep dokter. Segera hentikan penggunaan jika muncul iritasi setelahnya. Obat tidak boleh dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Rentang harga: Rp14.500 per strip.

2. Zemyc Kapsul 150 mg

Rekomendasi obat gatal kemaluan selanjutnya adalah merek Zemyc dalam sediaan kapsul 150 mg. Obat antijamur ini mengandung fluconazole yang bekerja dengan mengganggu sintesis membran sel jamur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: