Tips Sehat untuk Petugas Pemilu 2024 dari PB IDI, Silahkan Disimak Baik-baik!

Tips Sehat untuk Petugas Pemilu 2024 dari PB IDI, Silahkan Disimak Baik-baik!

Tips sehat untuk petugas KPPS dan seluruh perangkat Pemilu. -Abdullah-radarcirebon.com

JAKARTA, RADARCIREBON.COM – Agar pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) berjalan dengan sukses dan lancar, baik petugas KPPS, PPS, PPK, KPU dan seluruh perangkat yang ada harus tetap menjaga kesehatan.

Pasalnya, dalam pelaksanaan pemungutan hingga perhitungan suara membutuhkan konsentrasi dan kondisi fisik yang fit, agar tidak terjadi kesalahan yang berakibat fatal.

Oleh sebab itu, Pengurus Besar (PB) Ikatan Dokter Indonesia (IDI) membagikan kiat atau saran dalam menjaga kesehatan selama proses pemilu agar pesta demokrasi lima tahunan itu berjalan dengan lancar.

"Bagi para petugas KPPS selama menjalani tugas, (agar) tidak mengonsumsi makanan pedas atau berlemak sebelum dan sesudah acara, dan istirahat cukup minimal 7-8 jam," kata Ketua Umum PB IDI Dr Moh Adib Khumaidi melalui keterangan tertulis, Selasa 13 Februari 2024 kemarin. 

BACA JUGA:Bawaslu RI Turun Tangan Selidiki Insiden Pembakaran Logistik Pemilu di Papua Tengah

BACA JUGA:Presiden Jokowi Nyoblos di TPS 10 Gambir Jakarta Pusat, Berikut Lokasi Capres-Cawapres Tentukan Hak Pilihnya

BACA JUGA:Tiga Desa di Majalengka Terendam Banjir, Komisi VIII DPR RI dan BNPB Beri Bantuan Senilai Rp150 Juta

Kemudian, dia juga menyampaikan kepada para petugas dan perangkat Pemilu untuk mengonsumsi buah atau suplemen vitamin C dan B, dan tetap mengonsumsi obat rutin jika menderita penyakit yang mewajibkan minum obat.

Agar tubuh tidak kaku, ia juga mengimbau agar para petugas melakukan peregangan kepala, leher, bahu, pinggang, dan tangan di tempat duduk setiap 30-60 menit sekali.

Serta melakukan peregangan di luar tempat duduk (sedikit berjalan dan bergantian dengan petugas lainnya) untuk melemaskan otot kaki, setiap dua jam sekali.

"Tidak mengonsumsi minuman dan makanan yang mengandung soda dan alkohol, ataupun minuman berenergi, membatasi minuman dan makanan manis serta gorengan, dan rajin minum air putih agar suhu dalam tubuh tetap terjaga," ujarnya.

BACA JUGA:Harga Gabah Naik Diseluruh Sentra Produksi, Picu Kenaikan Harga Beras di Toko Ritel

BACA JUGA:Gakkumdu Cianjur Tangkap Oknum ASN Terkait Dugaan Politik Uang

BACA JUGA:Presiden Jokowi Teken Perpres Tentang Kenaikan Tukin Bawaslu RI Beberapa Hari Jelang Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase