8 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan yang Aman sebagai Alternatif

8 Obat Radang Tenggorokan yang Alami dan yang Aman sebagai Alternatif

8 Obat Radang Tenggorokan-Foto : www.jakartainsider.id-radarcirebon.com

Selain itu, air garam juga bisa mencairkan lendir yang sudah menumpuk karena hidung tersumbat atau dahak. Anda dapat melarutkan satu sendok teh garam beryodium pada satu gelas air hangat. Kemudian, berkumurlah menggunakan air garam hangat tersebut selama 30 detik.

Anda dapat melakukannya sebanyak 3 sampai 4 kali setiap hari hingga radang tenggorokan mereda.

3. Air Lemon

Perasan air lemon kaya akan vitamin C yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mempercepat pemulihan radang tenggorokan.

Di samping vitamin C, perasan air lemon juga mengandung senyawa astringen yang mampu meredakan peradangan serta pembengkakan pada tenggorokan.

4. Kunyit

Karena memiliki senyawa bersifat antibakteri, kunyit dapat dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami. Anda bisa menumbuk lalu merebus 1 ruas rempah kuning tersebut di dalam air agar bisa mendapatkan sarinya.

Kemudian, minumlah ramuan herbal tersebut satu kali sehari. Anda juga dapat mencampurkan madu serta perasan air lemon ke dalam larutan sari kunyit agar mendapatkan hasil yang lebih optimal.

5. Cuka Sari Apel

Obat radang tenggorokan alami berikutnya yaitu cuka sari apel. Cuka sari apel memiliki senyawa antimikroba sehingga dapat meredakan sakit yang ditimbulkan dari radang tenggorokan. 

Untuk menggunakannya, Anda dapat melarutkan 1 sampai 2 sendok makan cuka sari apel ke dalam segelas air. Lalu, berkumurlah dengan larutan cuka sari apel tersebut setiap 3 sampai 4 jam sekali secara rutin.

6. Sari Akar Licorice

Licorice atau biasa dikenal dengan sebutan akar manis merupakan salah satu jenis tanaman herbal yang memiliki beragam manfaat. Benar, sari akar licorice ini bisa dijadikan sebagai obat radang tenggorokan alami.

Lantaran, minuman herbal tersebut membantu mengencerkan sekresi lendir sehingga dapat membuat tenggorokan terasa lebih lega. Selain itu, sari akar licorice juga bisa mengurangi peradangan yang terjadi pada tenggorokan.

7. Teh Jahe

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: