Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024, DLH Sapu Bersih TPS Liar di Desa Ambit

Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024, DLH Sapu Bersih TPS Liar di Desa Ambit

SAPU BERSIH: Sejumlah elemen masyarakat terlibat dalam membersihkan sampah di lokasi TPS liar di Desa Ambit Kecamatan Waled dalam kick off perdana program Cirebon Katon Bersihe yang digelar Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Cirebon, kemarin.-ADE GUSTIANA-radarcirebon.com

Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024,DLH Sapu Bersih TPS Liar di Desa Ambit Kecamatan Waled

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Program Cirebon Katon Bersihe Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon tahun 2024 dimulai di Desa Ambit Kecamatan Waled, Minggu (25/2).

Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Cirebon kembali menggiatkan program penanganan dan penanggulangan sampah. Setelah, sebelumnya sukses digelar pada tahun 2022 yang memfokuskan pada pemberdayaan dan pengelolaan sampah masyarakat.

Kemudian di tahun 2023 memberikan edukasi kreativitas pemanfaatan sampah bagi kalangan pelajar.
Kini di tahun 2024, program Cirebon Katon Bersihe memfokuskan dalam membersihkan lokasi yang dijadikan tempat pembuangan sampah liar atau sapu bersih TPS liar.

BACA JUGA:Kembali Diselenggarakan, BRI Microfinance Outlook 2024 Angkat Strategi Memperkuat Inklusi Keuangan

Program tahun ketiga DLH dalam penanganan dan penanggulangan sampah ini mendapat respons positif masyarakat, pemerintah desa dan pemerintah kecamatan setempat. Itu terlihat dari warga yang antusias secara sukarela untuk datang dan terlibat dalam program tersebut.

Kepala DLH Kabupaten Cirebon Iwan Ridwan Hardiawan menuturkan, kick off program Cirebon Katon Bersihe tahun ini bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional atau HPSN tahun 2024.

Momentum HPSN, dijadikan semangat pihaknya dalam kembali menggiatkan Program Cirebon Katon Bersihe yang pada tahun ini fokus menyisir lokasi tempat pembuangan sampah liar dan direncanakan akan dilakukan setiap hari Minggu.

Iwan menjelaskan, pembersihan TPS liar sebenarnya menjadi hal yang sering dilakukan DLH. Namun dari TPS liar yang sudah dibersihkan, dalam waktu yang relatif tidak lama kembali dipenuhi sampah.

BACA JUGA:Sopir Meninggal Dunia di Pinggir Jalan Tengahtani Cirebon, Kapolsek: Turun Membawa Kunci Roda

“Melalui program ini, kami berupaya agar TPS liar tidak kembali dipenuhi sampah. Dilakukan alih fungsi lahan berupa penanaman pohon di lokasi TPS liar, pemasangan spanduk imbauan, serta menaruh bak kontainer pengangkut sampah. Dilakukan agar kedepannya dapat terjalin kerjasama pengangkutan sampah dengan pemerintah desa,” tutur Iwan kepada Radar Cirebon, kemarin (25/2).

Program Cirebon Katon Bersihe tahun 2024 bertajuk sapu bersih TPS liar ini, Dinas Lingkungan Hidup menggandeng sejumlah komunitas peduli lingkungan.

Mereka dilibatkan sebagai motor penggerak, dengan turut memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pemanfaatan sampah bernilai ekonomis kepada masyarakat.

DLH Kabupaten Cirebon mengimbau kepada masyarakat agar selalu menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. (ade/adv)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: