Puting Beliung, BPBD Jabar Sediakan untuk Warga Terdampak di Kabupaten Bandung

Puting Beliung, BPBD Jabar Sediakan untuk Warga Terdampak di Kabupaten Bandung

Ilustrasi bencana alam hidrometeorologi.-Pixabay-

BANDUNG, RADARCIREBON.COM - Tim Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Jawa Barat telah melakukan assessment dan menyediakan terpal untuk warga yang rumahnya terdampak puting beliung di Kampung Citawa, Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Sabtu 24 Februari 2024.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Pelaksana BPBD Jabar Anne Hermadianne Adnan memastikan penyediaan terpal tersebut ketika meninjau lokasi, Minggu 25 Februari 2024.

Hadir di lokasi Kepala Pelaksana dan Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung, Kepala Desa Tarumajaya, Danramil 2406 Kertasari, Manager Kebun Sedep PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 1, serta relawan dari Jabar Bergerak. 

BACA JUGA:9 Tips Diet yang Cocok untuk Kamu yang Tidak Suka Olahraga Berat

BACA JUGA:Kick Off Perdana Program Cirebon Katon Bersihe Tahun 2024, DLH Sapu Bersih TPS Liar di Desa Ambit

BACA JUGA:5 Rekomendasi Mineral Face Powder Terbaik

Selain terpal yang dibawa oleh Tim Pusdalops PB BPBD Jabar, pihak PTPN 1 memberikan material untuk memperbaiki atap rusak. 

Akibat bencana puting beliung tersebut, 28 rumah terdampak, 3 rumah di antaranya rusak berat. dan satu orang mengalami luka. 

Sebagian besar rumah warga rusak pada bagian atap akibat diterpa kekuatan putaran puting beliung selama kurang lebih 30 menit, dari pukul 14.00-14.30 WIB. 

BACA JUGA:Kembali Diselenggarakan, BRI Microfinance Outlook 2024 Angkat Strategi Memperkuat Inklusi Keuangan

BACA JUGA:Sopir Meninggal Dunia di Pinggir Jalan Tengahtani Cirebon, Kapolsek: Turun Membawa Kunci Roda

BACA JUGA:Jawaban Kuryati, Kuwu Desa Surakarta Cirebon yang Dituntut Mundur: Tidak Semudahnya Gitu Menginikan Kuwu!

BPBD Jabar dan BMKG kembali memberi peringatan dini tentang potensi cuaca ekstrem yang berpotensi mengakibatkan bencana hidrometeorologi. 

Bencana yang harus diwaspadai seperti hujan lebat hingga sangat lebat durasi lebih dari satu jam, puting beliung, dan hujan es, yang dapat mengakibatkan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta kerusakan lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase