Sudah Ada Kemajuan, Stadion Watubelah Cirebon Butuh Rp250 Miliar Lagi, Buat Apa Saja?

Sudah Ada Kemajuan, Stadion Watubelah Cirebon Butuh Rp250 Miliar Lagi, Buat Apa Saja?

Area dalam Stadion Watubelah Cirebon, lapangan dan lintasan atletik hampir 100 persen. Foto:-Cecep Nacepi-Radarcirebon.com

Jenis rumputnya menggunakan Zoysia Japonica yang merupakan rumput standar FIFA. 

Rumput itu mulai tumbuh menghijaukan lapangan. Sementara pada sisi lapangan, sudah tampak lintasan atletik atau jogging track.

Tapi, itu belum cukup. Karena untuk menuntaskan seluruh pembangunan Stadion Watubelah yang meliputi tribun penonton, tiang lampu stadion, halaman depan, hingga area parkir, masih butuh anggaran sekitar Rp250 miliar lagi. 

Repotnya, pada tahun 2024 ini belum ada anggaran yang dialokasikan untuk melanjutkan pembangunan Stadion Watubelah. 

Oleh karenanya, Pemkab Cirebon terus berupaya menggali sumber anggaran yang dibutuhkan untuk menuntaskan pembangunan Stadion Watubelah.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Cirebon, Ikin Asikin, mengatakan pihaknya terus berupaya mencari sumber anggaran untuk menuntaskan pembangunan Stadion Watubelah. 

Upaya mencari anggaran itu dilakukan ke Pemprov Jawa Barat dan pemerintah pusat. 

“Kami sedang berusaha. Ini lagi rapat di provinsi," ujar Ikin Asikin, Kamis 29 Februari 2024.

Seperti pernah diberitakan, Stadion Watubelah mulai dibangun tahun 2012. 

Setidaknya hingga akhir 2023, sudah habiskan anggaran lebih dari Rp200 miliar, termasuk anggaran terbaru Rp9,4 miliar dari APBD Kabupaten Cirebon tahun 2023 untuk menata lapangan dan lintasan atletik.

Anggaran terbaru Rp9,4 miliar itu dari pemkab atau dari APBD Kabupaten Cirebon itu hanya bisa dipakai untuk pengerjaan lapangan sepakbola dan area atletik dengan 6 lintasan. 

“Dari kemampuan anggaran segitu area pembangunan lapangan bisa 100 persen. Namun untuk area atletik tidak 100 persen selesai,” kata Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Stadion Watubelah, Sutadi Sukarya, Oktober 2023 kemarin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: