Ketahui 7 Panduan Perawatan Kulit Berjerawat

Ketahui 7 Panduan Perawatan Kulit Berjerawat

7 Panduan Perawatan Kulit Berjerawat-Foto : haibunda.com-radarcirebon.com

BACA JUGA:Kakek 65 Tahun Meninggal Dunia Tertemper Kereta Api di Cirebon, Tersert 15 Meter

3. Sebaiknya jangan gunakan scrub wajah

Sabun cuci muka dengan scrub memang efektif dalam menghilangkan sel kulit mati dan kotoran yang dapat menyumbat pori-pori wajah.

Namun, bagi kamu atau anggota keluarga yang memiliki masalah jerawat, penggunaan sabun dengan scrub dapat berdampak negatif. 

Sebab, sabun wajah dengan scrub dapat memperburuk kondisinya. Lantaran butiran scrub bisa merusak kulit yang sedang meradang dan meningkatkan tingkat iritasi yang lebih parah.

4. Mengubah pola makan menjadi lebih sehat

Meski tidak berdampak langsung terhadap kulit, tetapi ada beberapa jenis makanan yang memicu peningkatan produksi minyak pada wajah. Makanan tersebut dapat meningkatkan kadar gula darah, sehingga memicu produksi insulin berlebih dalam tubuh. 

Jika sudah begitu, metabolisme tubuh menjadi berantakan yang berujung pada terhambatnya proses penyembuhan jerawat.

Berikut ini makanan yang direkomendasikan untuk menunjang proses mengatasi jerawat:

  • Gandum utuh.
  • Kacang-kacangan.
  • Biji-bijian.
  • Ikan yang mengandung omega-3.
  • Sayur dan buah-buahan.

Selain dari makanan, pastikan juga untuk mengonsumsi vitamin dan suplemen kesehatan agar asupan vitamin dan mineral dapat terpenuhi dengan baik. 

Asupan nutrisi yang tepat tentunya dapat membantu menjaga kesehatan kulit dan mempercepat pemulihan jerawat. Dapatkan vitamin dan suplemen kesehatan pilihanmu melalui Toko Kesehatan Halodoc sekarang. 

5. Mengelola stres dengan baik

Semakin tinggi tingkat stres seseorang, maka semakin rentan terkena jerawat. Karena itu, tips perawatan jerawat lainnya adalah mengelola stres dengan baik. Jika kamu sedang merasa stres, segera mencari cara mengendalikannya. 

6. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga dapat memberikan manfaat tidak langsung dalam mengatasi masalah jerawat. Sebab, keringat yang keluar selama berolahraga dapat membantu membuka pori-pori kulit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: