Ribuan Warga Serbu Pengobatan Massal dan Pembagian Sembako di Baksos TNI AU

Ribuan Warga Serbu Pengobatan Massal dan Pembagian Sembako di Baksos TNI AU

Waaspers Kasau, Marsma TNI Ir Bob Henry Panggabean simbolis menyerahkan paket sembako kepada perwakilan warga, Sabtu (2/3/2024).-Dedi Haryadi-radarcirebon.com

CIREBON, RADARCIREBON.COM -Ribuan warga Kota Cirebon antusias menerima layanan kesehatan gratis bakti sosial (baksos) dari Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU), dalam rangka peringatan ke-78 HUT TNI AU.

Kegiatan bakti sosial HUT ke-78 TNI AU tersebut berlangsung di Gedung Negara (Bakorwil), Jl Siliwangi (Krucuk), Kota Cirebon, Sabtu (2/3/2024).

Adapun bentuk kegiatan bakti sosial tersebut berupa donor darah, khitanan masal, pemeriksaan gigi, pengobatan umum dan spesialis. Kemudian  pembagian kaca mata, penyuluhan stunting serta pembagian sembako.

Wakil Asisten Personalia (Waaspers) Kasau, Marsekal Pertama (Marsma) TNI Ir Bob Henry Panggabean kepada radarcirebon.com mengatakan, kegiatan baksos tersebut diikuti sebanyak 2.800 pasien dan sembako sebanyak 2.800 paket.

BACA JUGA:Bikin Wistawan Betah di Kota Cirebon: Perbanyak Destinasi dan Kolaborasi dengan Daerah Sekitar

"Sedangkan jumlah personel TNI AU yang terlibat sebanyak 254 personel yang terdiri dari 151 personel dari Mabes AU, Satuan Radar (SATRAD) 214 sebanyak 14 personel dan dari Lanud Sugiri Sukani sebanyak 89 personel serta didukung dari Walubi sebanyak 15 orang,"katanya di sela-sela kegiatan.

Selain pelayanan kesehatan gratis dan pembagian sembako, menurut jenderal bintang satu ini, TNI AU juga melakukan kegiatan renovasi ringan dan pengecatan di Keraton Kanoman Cirebon.

"Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan oleh TNI AU semata-mata adalah untuk mewujudkan rasa kepedulian dan solidaritas serta soliditas TNI AU bersama rakyat, selain itu juga untuk membantu program pemerintah dalam mengatasi permasalahan di tengah-tengah masyarakat,"ujarnya.

Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan di Indonesia khususnya di Kota Cirebon.

BACA JUGA:Suzuki Tambahkan Vaian Pelumas ECSTAR OIL 0W-16 SN untuk Lengkapi JIMNY 5-DOOR

"Mari kita bersama-sama bersinergi untuk menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama,"ucapnya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Walikota Cirebon Drs H Agus Mulyadi menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Mabes TNI AU.

"Sebuah kehormatan dan kebanggan kami menjadi salah satu titik lokasi rangkaian kegiatan HUT TNI AU. Kegiatan Bakti Sosial ini kami harapkan juga dapat menjadi momentum bagi kita semua untuk saling memberikan motivasi kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan bantuan dan penyuluhan,"ucapnya.

Pj Walikota Cirebon merasa yakin bahwa seluruh materi kegiatan yang dilaksanakan dalam Bakti Sosial ini berupa pengobatan umum, donor darah, khitanan massal, dan penyuluhan stunting dapat secara langsung memberikan dampak positif bagi masyarakat.

BACA JUGA:Kebakaran Kios di Tukmudal Bikin Kaget Warga, Gegara Kipas Angin Masih Menyala

"Pemerintah Daerah Kota Cirebon secara khusus merasa terbantu oleh berbagai bentuk kegiatan bakti sosial ini karena telah menjadi salah satu wahana penunjang program pemerintah daerah yaitu untuk lebih menggelorakan semangat gotong royong dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan,"ujarnya.

Dikatakannya, Pemerintah Kota Cirebon senantiasa berupaya menciptakan kultur pembangunan yang didasari oleh tiga pertimbangan utama.

"Yaitu yang pertama memperkuat integrasi sosial dalam kehidupan masyarakat pada setiap komunitas lokal agar tercipta keharmonisan kehidupan bersama. Kemudian meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam pembangunan yang berlandaskan semangat gotong royong dan keswadayaan. Lalu, meningkatkan upaya pemberdayaan masyarakat, agar masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri,"katanya. (rdh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: