Teori Baru Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370, Eks Investigator: Mau ke Diego Garcia

Teori Baru Hilangnya Pesawat Malaysia Airlines MH370, Eks Investigator: Mau ke Diego Garcia

Teori baru pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 yang hilang pada 8 Maret 2014.-Foto via Channel News Asia-radarcirebon.com

BACA JUGA:Pilot Tertidur Saat Terbangkan Pesawat, Batik Air Beri Tindakan Ini

Seperti diketahui berdasarkan rekaman percakapan, komunikasi terakhir terjadi antara pilot dan petugas ATC.

Percakapan tersebut terekam pada pukul 01.19 dan tidak ada yang mencurigkan. Pilot menyampaikan: "Good night. Malaysian three seven zero."

Pengatur lalu lintas udara sebelumnya mentransfer pilot untuk melakukan komunikasi dengan pengawas lalu lintas udara Vietnam.

Namun, komunikasi tersebut tidak terjadi. Pesawat justru melenceng dari rute seharusnya.

BACA JUGA:Rekonsiliasi Pasca Pemilu 2024, Lesbumi PCNU Kota Cirebon Gelar Munajat Budaya

Kendati demikian, pada sebuah laporan yang dirilis tahun 2018 justru membantah kecenderungan pillot melakukan tindakan bunuh diri atau hal ekstrem lainnya.

"Tidak ada riwayat sikap apatis, cemas atau mudah tersinggih yang diketahui," tulis laporan itu.

Surat Kabar Prancis, La Monde juga pernah menginvestigasi kehidupan sang pilot. Mereka juga tidak menemukan kecenderungan sikap ekstrimis.

Apalagi dalam kesehariannya, Capt Zaharie Ahmad Shah adalah sosok yang periang. Dia juga aktif membuat tutorial di Youtube mengenai berbagai hal.

BACA JUGA:Inilah Alasan Kiper Dallas FC Maarten Paes Tak Masuk Skuad Garuda Lawan Vietnam di Kualifikasi PD 2026

Diehl mengakui, riwayat laporan ini memang menunjukkan ketidaksesuaian. Sehingga ada kemungkinan bahwa pilot yang bertugas dikunci.

Apa yang sebenarnya terjadi? Kenapa pesawat tersebut tiba-tiba berbelok dari jalur yang seharusnya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut masih belum dapat terjawab.

Seperti diketahui, sampai dengan saat ini belum ada penjelasan dan teori yang dapat benar-benar diterima terkait peristiwa pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang misterius.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: