Agar Puasa Ramadan Bikin Tubuh Sehat, Kata Pakar Kesehatan Asal India Begini Treatment-nya

Agar Puasa Ramadan Bikin Tubuh Sehat, Kata Pakar Kesehatan Asal India Begini Treatment-nya

Tips sehat dalam mengonsumsi makanan sebagai penopang puasa Ramadan.-Sami Abdullah-pexels.com

RADARCIREBON.COM – Mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat dianjurkan oleh para ahli, agar umat Islam mampu menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan baik.

Melansir dari Hindustan Times, Selasa 12 Maret 2024, Ahli gizi senior di Rumah Sakit Wockhardt Mira Road Mumbai, India, Riya Desai membagikan sejumlah tips menjaga pola makan sehat selama bulan Ramadan. 

Berikut sejumlah tips yang dapat diterapkan untuk menjaga pola makan sehat selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

BACA JUGA:Jadwal Imsak dan Buka Puasa Bulan Ramadan, Selasa 12 Maret 2024 untuk wilayah Cirebon dan Sekitarnya

Pertama, mengonsumsi pola makan seimbang yang mencakup buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan sumber protein untuk menjaga tingkat energi dalam tubuh. 

Dengan merencanakan makanan secara hati-hati dan menggabungkan beragam bahan, seseorang dapat meningkatkan kesehatan dan vitalitas mereka selama bulan Ramadan. 

Selain itu, prioritaskan untuk memakan makanan padat nutrisi. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan fisik dan mendukung kestabilan emosi sepanjang bulan Ramadan, sehingga membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama.

BACA JUGA:Tegas! Polda Metro Jaya Melarang SOTR Hingga Menyalakan Petasan Selama Bulan Ramadan

Kedua, menjaga hidrasi atau cairan dalam tubuh. Hidrasi adalah pertimbangan paling penting karena dehidrasi atau kekurangan cairan dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Untuk menjaga hidrasi tubuh, batasi konsumsi makanan asin, pedas, dan gorengan untuk menghindari rasa haus saat berpuasa. 

Selain itu, pilihlah cairan yang tidak banyak mengandung kafein (kopi, teh, dan lainnya) karena cairan berkafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Ingatlah untuk berbuka puasa (waktu berbuka puasa) dengan mengonsumsi air putih terlebih dahulu untuk memastikan hidrasi tubuh tercukupi. 

BACA JUGA:Bojan Hodak: Bulan Ramadan, Jadwal Latihan dan Pertandingan Persib Bandung Malam Hari

Asupan cairan secara keseluruhan juga harus ditingkatkan saat berbuka puasa untuk mengganti hilangnya cairan tubuh saat berpuasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: reportase