Hari Pertama Ramadan, Segini Harga Kepokmas di Pasar Cirebon

Hari Pertama Ramadan, Segini Harga Kepokmas di Pasar Cirebon

Soleh sedang menunggu barang dagangannya/// penjual beras Hj Siti menunjukkan harga beras saat ini.-Cecep Nacepi-radarcirebon

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Hari pertama Ramadhan, harga kebutuhan pokok masyarakat (Kepokmas) mulai stabil. Terpantau Radar Cirebon di Pasar Pasalaran, pada Selasa (12/3/2024), harga cabai merah besar yang perna menyentuh diharga Rp 100.000 per kilogram kini turun menjadi Rp 50.000 per kilogram.

Kepokmas yang stabil lainnya adalah cabai hijau besar masi di harga Rp 25.000 per kilogram, cabai rawit hijau Rp 40.000 per kilogram, bawang merah Rp 25.000 per kilogram, Wortel Rp 15.000 per kilogram, daging ayam ras Rp 36.000 per kilogram. 

Namun, ada juga Kepokmas yang mengalami kenaikan, meski tidak signifikan. Seperti bawang putih yang sebelumnya diharga Rp 35000 per kilogram naik menjadi Rp 40.000 per kilogram. Telur ayam ras yang biasanya diharga Rp 28.000 per kilogram, sekarang menjadi Rp 32.000 per kilogram.

“Yang tinggi harga daun bawang diharga Rp 30.000 per kilogram, biasanya Rp 20.000 per kilogram. Tomat juga naik signifikan, sekarang harganya Rp 28.000 per kilogram dari harga biasanya Rp 15.000 per kilogram,” ujar Soleh, pedagang di Pasar Pasalaran, Kecamatan Weru. 

BACA JUGA: Tiga Hari, Polisi Sapu Bersih Geng Motor

Sementara untuk harga beras, mulai turun secara perlahan. Beras premium super, masi diharga Rp 16.500 per kilogram, sedangkan beras medium diharga Rp 13.000 per kilogram. Harga tersebut mulai turun, sejak empat hari yang lalu.

"Sudah mulai turun, waktu hari Sabtu. Soalnya dari Indramayu dan Kuningan sudah mulai ada yang panen, meskipun baru sedikit," kata penjual beras di Pasar Pasalaran, Hj Siti Ade kepada Radar Cirebon. 

Menurut Siti, turunnya harga beras juga disebabkan karena bantuan beras ke Desa sudah ada. Oleh karena itu, daya beli beras pun mulai menurun. Ditambah lagi ada beras SPHP dari Bulog yang dijual dengan harga murah, sebesar 54.500 per lima kilogram.

Tokoh Hj Siti Ade sendiri juga menjual beras SPHP dari Bulog, di hari Selasa dan Jum'at. Katanya, beras yang dijual dengan harga lebih murah itu, cepat habis. Sebanyak 2 ton beras yang dikirim oleh Bulog Cirebon habis dalam satu jam.

BACA JUGA: Dilamar Sang Kekasih, Dewi Perssik Lakukan Pembekuan Sel Telur, Loh Kenapa?

"Beras SPHP murah. Belum dibongkar saja sudah rame yang datang. Pedagang sini dan masyarakat yang tahu beras datang pada ngantri. Beli pun dibatasi, paling banyak dua kilogram," tandasnya. (cep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: