Bupati Imron: Banjir di Cirebon Timur Karena Kiriman dari Kuningan

Bupati Imron: Banjir di Cirebon Timur Karena Kiriman dari Kuningan

Bupati Cirebon bersama unsur Forkopimda meninjau Bendungan Ambit yang dikaitkan sebagai penyebab banjir di Cirebon Timur.-radarcirebon.com-

CIREBON, RADARCIREBON.COM - Banjir yang terjadi di Kabupaten Cirebon Timur pekan lalu, menyebabkan ribuan warga dari 9 kecamatan terdampak.

Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kabupaten Kuningan, menyebabkan banjir kiriman terjadi di Cirebon Timur.

Bupati Cirebon, Drs H Imron MAg bersama unsur Forkopimda yang melakukan peninjauan menilai, terdapat beberapa faktor penyebab banjir di Cirebon Timur (Cirtim) itu, Rabu 13 Maret 2024.

Berdasarkan hasil peninjauannya, diketahui sungai di Kecamatan Waled sudah mengecil dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.

BACA JUGA:Dinding Gedung Setda Pemkot Cirebon Jebol Diterjang Angin

BACA JUGA:INI-IPPAT Kota Cirebon Gelar Baksos Ramadhan

Sehingga kondisi ini, membuat sungai tersebut tidak bisa menampung debit air, jika intensitas hujan di wilayah Kabupaten Kuningan cukup tinggi.

"Banjir yang terjadi di sini, karena kiriman dari Kuningan," kata Imron.

Untuk mencegah kembali terjadinya banjir, salah satu upaya yang harus dilakukan adalah segera untuk melakukan normalisasi sungai.

Imron mengaku sudah menghubungi Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS), untuk segera melakukan langkah cepat pencegahan banjir di Cirebon Timur ini.

BACA JUGA:Jadwal Buka Puasa Cirebon Hari Ini, Kamis 14 Maret 2024

BACA JUGA:Marc Klok Bisa Gagal Main di Timnas, Bojan Hodak Bocorkan Alasannya

Pihaknya juga sudah mendapatkan kepastian dari BBWS, terkait dengan rencana normalisasi yang akan dilakukan di sungai Ciberes tersebut.

"BBWS akan melakukan normalisasi sungai pada Bulan Mei nanti," ujar Imron.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: