7 Hal yang Terkadang Dianggap Membatalkan Puasa Padahal Sebenarnya Tidak

7 Hal yang Terkadang Dianggap Membatalkan Puasa Padahal Sebenarnya Tidak

Puasa Sunnah di bulan Syawal mempunyai banyak keutamaan.-Foto : www.nusantarainsight.com-radarcirebon.com

Misalmya, air mani anda keluar karena membayangkan atau menghayal sesuatu hal yang bersifat vulgar, dengan tidak disengaja maka puasa yang kita jalani tidak batal.

BACA JUGA:Cek Harga Kepokmas, TPID Kota Cirebon Lakukan Monitoring Lapangan

3. Gosok Gigi

Beberapa orang bertanggapan bahwa menggosok gigi dapat membatalkan puasanya. Puasa bukanlah hal yang membatasi aktivitas kita sehari-hari terutama untuk menjaga kebersihan tubuh, salah satunya adalah dengan menggosok gigi.

Gosok gigi dapat dilakukan kapanpun asalkan tidak berlebihan ataupun terlalu sering dan jangan sampai dengan sengaja menelan air kumurannya.

BACA JUGA:Kejar Jabar Hattrick, Bey Targetkan Cabor Dayung Raih 15 Medali Emas di PON XXI Aceh-Sumut

4. Mengumpat atau Berkata-kata Tidak Sopan

Mengumpat merupakan hal yang terkadang dilakukan orang ketika dia sedang merasa marah dan kesal. Selain menahan rasa lapar dan haus, selama berpuasa juha kita juga harus menahan nafsu serta amarah.

Walaupun mengumpat atau berkata-kata tidak sopan sebenarnya memang sama sekali tidak akan membatalkan puasa, namun mengumpat atau berkata-kata tidak sopan dapat mengurangi pahala serta kesempurnaan anda dalam menjalankan ibadah puasa yang sedang anda jalani.

5. Menggunakan Suntikan

Apabila anda menggunakan suntikan, namun suntikan tersebut tidak memiliki zat yang bersifat menggandung makanan atau minuman, maka suntikan tersebut tidak akan membatalkan puasa anda.

BACA JUGA:3 Pemain Dicoret, Ini Skuad Lengkap Timnas Indonesia Lawan Vietnam

Akan tetapi, jika suntikan yang dimasukan ke dalam tubuh anda mengandung makanan atau minuman, maka puasa kalian sudah pasti akan batal.

6. Menelan Dahak

Saat kita sedang terkena batuk dan flu, lalu batuk tersebut mengandung lendir yang mengganggu apalagi saat sedang berpuasa. Bagaimana jika lendir atau dahak tersebut tidak sengaja tertelan?.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: