CCEP Indonesia Peringati HPSN 2024 Bersama Komunitas BINAAN Dukung ZERO WASTE ZERO EMISSION 2050

CCEP Indonesia Peringati HPSN 2024 Bersama Komunitas BINAAN Dukung ZERO WASTE ZERO EMISSION 2050

Peringatan HPSN CCEP Indonesia di Kota Bogor kolaborasi bersama bank sampah binaan di Kecamatan Bogor Selatan, DLH Pemkot Bogor dan ASOBSI DPD Kota Bogor-ist-radarcirebon.com

RADARCIREBON.COM - Dalam semangat peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024, Coca-Cola Europacific Partners Indonesia (CCEP Indonesia) menggelar berbagai rangkaian kegiatan dari tanggal 21 Februari hingga 6 Maret 2024 di beberapa wilayah operasinya di Indonesia.

Bertemakan "Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif", kegiatan CCEP Indonesia melibatkan 870 penggiat bank sampah, akademisi, mahasiswa/i, pelajar SMA, warga dan melibatkan juga beberapa karyawan CCEP Indonesia. Diselenggarakan di wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi dan Sumedang, berkolaborasi dengan DLH pemerintah setempat dan juga penggerak Desa Bestari binaan CCEP Indonesia.

Kegiatan HPSN meliputi aksi bersih-bersih di lingkungan kampus Universitas Budi Luhur Jakarta dan beberapa wilayah di lingkungan warga. Untuk terus mengedukasi warga untuk memahami pentingnya memilah sampah dari sumbernya, diselenggarakan edukasi dalam bentuk workshop untuk warga mengenai pemilahan sampah dari sumbernya berdasarkan jenisnya agar tetap bernilai ekonomis.

Nasabah bank sampah binaan CCEP Indonesia juga melakukan penimbangan sampah di bank sampah masing-masing di keempat wilayah di Jakarta dan Jawa Barat tersebut.

BACA JUGA:Bonsai Berusia 1000 Tahun, Sudah Ada Sebelum Perang Salib, Kini Disimpan di Museum Jepang

“Momen HPSN 2024 ini sesuai temanya Atasi Sampah Plastik Dengan Cara Produktif, semoga
menjadi program berkelanjutan yang menjadi tanggung jawab bersama secara nona-helix dan
menjadi aksi mitigasi perubahan iklim yang dimulai dari pengelolaan sampah dari sumbernya,” ujar Nurlida Fatmikasari, Regional Public Affairs Manager CCEP Indonesia untuk wilayah Central
Indonesia Region.

Zero waste zero emission adalah upaya inovatif yang dari hulu ke hilir dengan mengoptimalkan seluruh rantai nilai pengelolaan sampah, salah satunya adalah pendekatan gaya hidup minim sampah, mengembangkan bank sampah, serta industri penanganan sampah.

Salah satu upaya dan komitmen CCEP Indonesia melakukan joint venture dengan Dynapack Asia adalah dengan
mendirikan fasilitas daur ulang PET (rPET), PT Amandina Bumi Nusantara di Cikarang Kabupaten Bekasi dan Yayasan Mahija Parahita Nusantara. Komitmen ini memastikan pengumpulan sampah kemasan botol paska konsumsi secara bertanggung jawab – diselenggarakan dengan mengimplementasikan prinsip hak asasi manusia – serta
pengolahannya secara tepat.

Langkah ini akan menghasilkan botol berkualitas tinggi dan ‘foodgrade’ yang aman untuk digunakan kembali, sekaligus mendorong penggunaan kemasan yang berkelanjutan dengan dampak minimal yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

BACA JUGA:Jersey Timnas Indonesia Dirujak Netizen, Segini Bocoran Harganya

Sampah yang berhasil dikumpulkan dari kegiatan HPSN CCEP Indonesia di Jakarta, Bekasi, Sumedang dan Bogor ini sebanyak 2,301 kg terdiri dari 772,7 kg sampah organik dan 1,527,9 kgsampah anorganik.

Diantaranya sampah anorganik tersebut 247,3 kg sampah spanduk alat peraga kampanye (APK) yang berhasil dikumpulkan warga dan pegiat bank sampah binaan CCEP Indonesia di Kota Bogor dari agenda kampanye pemilu.

Para nasabah bank sampah binaan CCEP Indonesia di Kecamatan Bogor Selatan juga berkesempatan menukarkan
sampahnya dengan sembako seperti beras, gula pasir, tepung terigu dan minyak goreng selama acara HPSN berlangsung sesuai dengan kebutuhannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: